bagaimana caranya memperbaiki Samsung Galaxy S5 “Unfortunately, the process android.process.acore has stopped” yang error

10:29 4 Comments

Baca-baca lagi tentang permasalahan "unfortunately, the process android.process.acore has stopped" yang sedang error alias galau, hehe. Ini Aku coba berbagi cara yang Aku browsing dari situs bule thedroidguy. Kunjungi aja situsnya, siapa tahu lebih mudeng baca bahasa inggris dari pada baca bahasaku yang kacau. *miris*

Samsung Android

Caranya memperbaiki Samsung Galaxy S5 “Unfortunately, the process android.process.acore has stopped” error

Taukah kamu apa salah satu tanda bahwa Sistem pada HP Android kita sedang terjadi crashes? Banyak kog yang menyebabkan, jangan kuatir. Eh, sorry, kudu kuatir ya seharusnya.
Salah satunya aja ya, tanda bahwa HP Android kita sedang bermasalah dengan sistemnya ketika ada peringatan yang muncul secara tiba-tiba, tuing, saat kita buka aplikasi, tuing, muncul, buka aplikasi lagi, tuing, muncul lagi. Nah, ketika terjadi seperti ini, biasanya, dan hampir selalu secara otomatis Android berhenti bekerja - "unfortunately, the process android.process.acore has stopped".
 Dengan penampakan seperti gambar di atas nih. Pesan singkat yang tidak diharap-harapkan unu sangat mengganggu loh, bagaimana tidak mengganggu, selalu muncul berkali-kali. Kamu gak akan bisa atau mungkin bisa sih, tapi pasti sangat kesulitan menggunakan Android kamu. Pesan singkat lain yang biasanya mengganggu selain seperti di atas adalah "Unfortunately, Settings has stopped."
Nah, nih study kasus yang Aku dapat di situsnya thedroidguy. Ada orang tanya nih kasusnya.

Hi, just wanted to add that I got back to the screen that displays the 2 messages to me and they are “Unfortunately, the process android.process.acore has stopped” and “Unfortunately Nfc Service has stopped” and they will not leave the screen, they just pop up one after another right after I close them. The only way to get out of this screen is to pull out my battery. — Nicole

Terjemahin sendiri yah. *haha*
Intinya dalam pesan tersebut mengatakan ada dua pesan error yang mengganggu Galaxy S5 si Nicole.
Oke, kita lanjutkan. Permasalahan tersebut biasanya muncul karena perbaruan/update yang belum sampai tuntas, corrupt firmware, metode yang salah kaprah saat root, data yang hilang, masalah di setting, dan sisanya banyak sekali permasalahan yang memungkinkan penyebabnya. Jadi semuanya bergantung bagaimana pengguna mengetahui secara detail apa yang sudah dilakukan dengan Androidnya tersebut. Sehingga tahu apa penyebabnya secara pasti.
Jika masalah ini terjadi sesaat setelah kamu update HP kamu dan proses update sukses, maka dengan wiping cache partition di recovery  memungkinkan bisa menyelesaikan masalah ini.
  1. Matikan HP kamu
  2. tekan dan tahan tiga tombol secara bersamaan : Volume Up, Home, dan Power
  3. Ketika HP bergetar sekli, lepasin tapi tombol power masih tetap kamu tekan tombol Volume Up dan Home
  4. Nah, ketika di layar muncul ndroid System Recovery muncul, baru deh kamu lepasin tuh tombol lainnya
  5. pilih "Wipe cache partition" dengan menggunakan Volume Down
  6. Tekan tombol power untuk memilih
  7. Ketika sudah selesai proses wiping, tulisan "reboot system now" muncul
  8. dan kemudian tekan tombol power untuk restart Hp
 Jika kasusnya muncul setelah kamu install aplikasi atau merubah sesuatu pada pengaturan, maka yang kamu lakukan adalah "reset app preferences". Ini bisa menjadi jalan keluar.
Caranya :
  1. Dari layar utama pilih tombol menu
  2. pilih setting
  3. pilih aplikasi, kemudian aplikasi manager
  4. pada tab All, pilih "More options" atau pilih tombol "Recent apps"
  5. Pilih "reset pp preferences"
  6. Pilih Reset apps untuk melanjutkan
  7. Kemudian restart HP mu
Kalau saja masih belum terselesaikan, jalan terakhir dan satu-satunya. Datangi Gerai Samsul terdekat. *hehe* Minta tolong sama Mbak Samsul yang cantik untuk memperbaiki HP dikau. Maksudnya di kembalikan seperti pabrikannya / factory reset. Itulah jalan yang harus kau pilih. :) semoga berhasil kawan. Oia, biayanya cuman Rp.72500 kog. Murah kan. :*

Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

4 comments:

  1. Kalo di reboot datanya hilang semua ga? misal seperti kontak di tlp atau yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau reboot kan sperti restart aja Mbak. Jadi ga ilang. Tapi. Alangkah baiknya. Coba dibackup dulu dilaptop.

      Kalau dibackup di SD Card kan kesulitan pastinya.

      Delete
  2. baru tadi pagi kejadian seperti diatas dan saya cobe mengikuti saran dan berhasil...terima kasih

    ReplyDelete