Hati-hati penipuan proses perekrutan mengatasnamakan PT PAL INDONESIA (PERSERO)

06:10 12 Comments

Ini Aku menulis karena Aku korban dari penipuan ini. Tanggal 27 Agustus 2015 Aku browsing untuk cari lowongan kerja BUMN dan landing di halaman situs yang mengatasnamakan PT PAL INDONESIA (PERSERO) bahwa mereka membutuhkan karyawan. Karena Aku pikir ini situs terpercaya, Aku coba baca perlahan-lahan.

PT PAL Indonesia

Hati-hati penipuan proses perekrutan mengatasnamakan PT PAL INDONESIA (PERSERO)

Serius banget Aku bacanya, dari atas sampai bawah. Perlahan dan seksama. Aku melihat, meyakinkan banget tuh isinya. Ada tampilan seperti PDF yang jelas ada tulisannya membutuhkan pegawai dengan juga dibubuhi alamat kantor PT PAL INDONESIA yang ada di Jakarta. Mulai nomer telpon, nomer HP, dan logo PT PAL ada semuanya di situs tersebut.
Aku sih tidak langsung percaya, sebab, Aku kalau mau mengirimkan lamaran, Aku harus mengirimkan di email pt.pal@usa.com. Aneh kan? Terus, selain itu. Semua informasinya jelas dan lengkap hanya saja tidak ada alamat website PT PAL INDONESIA (PERSERO), tambah lagi kecurigaanku.
Aku masih belum mau berburuk sangka sih, akhirnya, Aku coba kontak pemilik situs tersebut. Melalui email Aku tanyakan. Berikut ini percakapanku.


Alamat situsnya pengennya sih Aku tulis di blog ini, cuman Aku ntar menjatuhkan nama tuh situs. Selain itu ada beberapa poin lainnya yang buat Aku tidak yakin dengan informasi ini. Aku kan tanggal 27 Agustus 2015 kemarin mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan langsung apply. Waw, Aku terkejut, esok harinya langsung dapat email konfirmasi kehadiran secara langsung. 
Selain itu, si HRD nya juga kog keren banget mau nampangin fotonya di email yang Aku terima. Ckck
Ini file yang Aku terima. Screen Shot saja ya.
Halaman 1 & 2
Halaman 3 & 4
Halaman 5 & 6
Nah, itu dia penampakan email yang Aku dapat dari oknum yang menggunakan/mengatasnamakan PT PAL INDONESIA.
Silahkan dicermati ya. Banyak hal yang berbeda dari surat edaran langsung dari PT PAL INDONESIA (PERSERO) sebagai berikut ini yang bersumber dari www.bumn.go.id.

PENGUMUMAN
Nomor : Peng/10/71000/II/2015
Tentang
Waspada Penipuan Proses Rekrutmen Yang Mengatasnamakan PT PAL INDONESIA (PERSERO)

Sehubungan dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan PT PAL INDONESIA (PERSERO) dalam proses rekrutmen, bersama ini kami memberitahukan kepada seluruh pelamar untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap penipuan tersebut.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan, dengan ini di informasikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Proses seleksi di kantor pusat PT PAL INDONESIA (PERSERO), JI. Ujung, Surabaya.
  2. Proses seleksi rekrutmen di PT PAL INDONESIA (PERSERO) melalui 3 tahap, yaitu : Tes Wawancara, Tes Psikologi dan Tes Kesehatan.
  3. Pemanggilan setiap proses seleksi melalui telepon langsung & SMS oleh PIC rekrutrnent PT PAL INDONESIA (PERSERO) dan dapat dikonfirmasi kembali kebenarannya di telp. 031-3292275 Ext. 2232. Dapat pula melalui email di hrd_ptpal@pal.co.id
  4. PT PAL INDONESIA (PERSERO) tidak pernah meminta pungutan biaya uang transportasi maupun akomodasi selama proses seleksi berlangsung serta tidak pernah menunjuk biro perjalanan/travel agent untuk melakukan pemesanan atau penerimaan pembayaran dalam bentuk apapun, baik untuk transportasi darat, laut maupun udara selama proses seleksi berlangsung.
Jika ada pertanyaan terkait hal tersebut, mohon hubungi kami melalui email dan nomor telepon yang tercantum.

Demikian diumumkan, untuk dapatnya mendapat perhatian.

Surabaya, 25  Pebruari  2015
PT PAL INDONESIA (PERSERO)
KADIV BIN ORG & SDM.
Kalau Kamu landing di page ini, bisa jadi Kamu masih terselamatkan karena tidak kena PHP. Tapi kalau Kamu udah dapat email seperti Aku di atas. Hehe Kamu jadi korban yang ke sekian selain Aku. Buahaha
Trakhir, pesanku, selalu check dengan teliti semua informasi yang Kamu dapatkan, telusuri semua sumber yang Kamu anggap terpercaya. Kebanyakan mereka menggunakan informasi palsu itu untuk mencari pengunjung situs mereka yang mereka gunakan sebagai sarana mendapatkan klik iklan yang mereka pasang di situs mereka. Tetap waspada dengan semua jenis penipuan.

Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

12 comments:

  1. Wah kita senasib gan, gw juga baru dapet email persis seperti agan posting. Foto orgnya jga sama. Sip gan nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Perlu hati-hati gan. Jangan sampai terjebak dilubang buaya. Hehehe

      Thanks gan udah berkunjung.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. • Peserta Tes di wajibkan untuk melakukan SMS konfirmasi kehadiran ke: RESKY JAYA KUSUMA Fax-(031) 4083-5777 / Mobile; 085398081988
      dengan format : PT PAL#NAMA#HADIR/TIDAK
      • Peserta di wajibkan melakukan Reservasi Pemesanan Ticket (Ticketing) di TRAVEL yang Sudah di siapkan oleh Perusahaan, serta Mobilisasi (Penjemputan peserta di Bandara Menuju ketempat pelaksanaan kegiatan).
      Peserta di harapkan melaporkan ke:
      MANDIRI TOUR & TRAVEL
      Penanggun Jawab : RAHMAT SANJAYA
      Contac Person : 085240882209
      Alamat Kantor: MEMAKAI ALAMAT ASLI PT.PAL(AGAR TDK DICURIGAI) RESERVASI E-TICKET : (Rabu 13 Januari 2016,Pukul : 22.00 WIB
      AKOMODASI & TRANSPORTASI
      Biaya transportasi dan akomodasi termasuk penginapan dan komsumsi peserta seleksi yang telah mendapat panggilan / undangan seleksi akan menjadi beban finansial pihak PT. PAL INDONESIA (persero)
      Akan tetapi dalam pelaksanaannya menggunakan metode sistem penggantian atau refund (Reimbursement), dimana untuk biaya transportasi peserta seleksi dari tempat domisili ke tempat pelaksanaan akan menjadi beban sementara /ditalangi oleh peserta seleksi terlebih dahulu nanti setelah di tempat pelaksanaan kegiatannya dana transportasinya akan digantikan berdasarkan bukti pengeluaran/ transaksi peserta seleksi.

      HATIHATI MODUS. MANA ADA PERUSAHAAN BESAR PAKE SISTEM REFUND / MINTA DITALANGIN DULU.

      (UPDATE TERBARU)

      Delete
    4. Wah, thanks gan update infonya. Ini terbaru banget gan. Makasih makasih. :)

      Delete
  2. Kecurigaan gue bener setelah gue googling dapet blog ini. Sama persis apa yang gue dapet hebat kemaren apply besok langsung interview

    ReplyDelete
  3. Kecurigaan gue bener setelah gue googling dapet blog ini. Sama persis apa yang gue dapet hebat kemaren apply besok langsung interview

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini modus mencari uang secara cepat mbak. Hati-hati ya mbak. :)
      Thanks udah berkunjung ya mbak dan meninggalkan komen. :D

      Delete
  4. saya baru dapet email panggilan kerja dari PT.PAL persis seperti email diatas.Awalnya saya sempat percaya namun kecurigaan saya tes dilakukan di Bali sedangkan setahu saya PT. PAL kan ada disurabaya. Mohon kepada semua pihak untuk lebih waspada dan kepada pihak berwajib untuk segera mengusut kasus ini agar tidak semakin banyak pihak-pihak yang menjadi korban oknum yang tidak bertanggung jawab ini

    ReplyDelete
  5. makasih atas informasinya
    saya juga baru dapat email.penerimaan pt pa
    sama persi sama kejadian sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. YUP betul mba....
    saya juga barusan dapat email yg mengatas namakan PT PAL INDONESIA..
    lebih lucunya lg dalam surat undangan tes seleksi yang dikirimkan ke email saya tidak tercantum nama saya,,,
    kan nampak x penipunya,,,

    ReplyDelete
  7. trima kasih gan infonya .. saya kira juga beneran ternyata setelah di teliti post email yang saya dapat sama persis kaya post agan.... makasih gan ... nice job

    ReplyDelete