Taman Mungil Di Meja Kerja ? Ini Dia Tutorial Membuat Terrarium!

01:33 0 Comments

Siapa sih yang tidak suka dengan pemandangan hijau-hijauan ? Tumbuhan yang terlihat segar alami dan menyejukkan mata. Selain menyejukkan mata, warna hijau juga memberikan efek yang baik bagi kita (sumber).  Jika kita lelah melihat komputer, maupun tulisan yang banyak kita baca, warna hijau sangat tepat untuk sarana mengistirahatkan kinerja mata. Karena saat kita melihat warna hijau, mata tidak perlu banyak penyesuaian untuk melihatnya.

Terrarium dari lumut
Nah, bagaimana kalau kita memindahkan taman kita ke dalam ruangan kerja kita. Atau bahkan berada disamping laptop kita. Mungkinkah ? Sangat mungkin lho. 

Itulah yang dinamakan terrarium. Terrarium atau Virarium adalah media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman, yang diperuntukkan bagi beragam kebutuhan, seperti untuk penelitian, metode bercocok tanam maupun dekorasi. Dapat dikatakan bahwa terarium merupakan biosfer buatan yang paling alami karena fungsi biologis yang terjadi dalam terarium pun mirip dengan yang terjadi di alam. Sehingga terarium dapat juga dijadikan laboratorium biologi mini (sumber).

Oleh karena itu, kali ini akan dibahas tentang ide membuat terrarium yang unik yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Cara Membuat Terrarium

Sebelum memberikan idenya, pastilah kamu perlu tahu dulu kan media apa saja yang bisa digunakan untuk membuatnya. Ini ada beberapa contoh media yang bisa kamu gunakan untuk membuat terrarium sesuai keinginanmu.

Media dan Bahan Terrarium

1. Siapkan Konsep atau Tema

Setiap akan mengerjakan sesuatu, pastikan sudah membuat konsep terlebih dahulu. Minimal apa yang akan kita lakukan sudah terencana dengan baik. Begitu pula untuk membuat terrarium. 

Tapi bingung buat konsep dan idenya. Iya, seringkali kita kebingungan membuatnya. Ada beberapa cara mencari ide. Berikut ini beberapa contoh caranya.

a. Pinterest

Pinterest
Gunakan media sosial satu ini. Di dalam media sosial ini sangat banyak sekali ide yang bisa kita cari dan kemudian kita coba. Bahkan disana lebih lengkap lagi tutorial dan arahannya. 

Pinterest
Cobalah mencari dengan menggunakan kata kunci "terrarium ideas", kamu akan menemukan banyak sekali terrarium yang unik dan cantik untuk dijadikan ide. Pilihn salah satu, setelah mendapatkan ide, persiapkan bahan-bahannya.

b. Instagram

Instagram

Sama seperti di pinterest, di sosial media satu ini juga bisa kamu dapatkan banyak sekali ide-ide untuk terrarium. Aku yakin kita semua sudah bisa menggunakan media sosial ini.

c. Google

Selain dari dua sosial media tadi, kamu bisa pakai langsung dari mbah google. Hehe

Nanti kan kamu dipertemukan dengan link-link yang relevan pastinya. Yang terpenting pake kata kuncinya yang tepat ya. Biar diarahkan sama mbah google.

d. Youtube
Youtube.com
Selain ke mbah google, cobalah searching di keponakannya, mbah youtube.com. Disana banyak banget sumber ide dan sekaligus tutorialnya biasanya. Kalau Aku biasanya liat di channelnya Slivki Show.

Kalau sudah dapat ide untuk terrarium kamu, jangan lupa simpen baik-baik ide kamu tersebut.

2. Siapkan Lumut atau Tumbuhan yang Lambat Pertumbuhannya

Tumbuhan yang sering dijadikan pilihan utama untuk ditanam di dalam tempat yang kecil seperti botol atau bohlam adalah lumut. Kalau mau menggunakan lumut, tentunya kita harus tahu lumut yang seperti apa yang bagus untuk terrarium kita. Berikut ini beberapa penjelasan lumut yang akan Aku tuliskan.

Lumut
Beberapa lumut memiliki warna hijau yang cerah dan beberapa lainnya warna hijau gelap. Warna-warna tersebut bisa digunakan sebagai pemanis desain terrarium kita nantinya.

a. Dicranum Moss (Lumut Dicanum)

Jenis lumut ini yang menarik adalah dia bisa memiliki bunga. Jadi kemudian bisa memberikan variasi seperti tumbuhan ilalang. Karena lumut ini tumbuhnya tegak.

Dicranum Moss via wikipedia.com

Kalau lebih detailnya lagi, jenis lumut ini masih banyak lagi jenisnya. Secara umum bisa ditemukan ditempat-tempat yang lembab.

b. Lycopodium (Jenis Tumbuhan Paku)

Nah, ini sejenis tumbuhan paku. Ada beberapa yang masih mendiskusikan, apakah tumbuhan satu ini ikut kategori tumbuhan paku atau masuk ke dalam jenis lumut.

Lycopodium via wikipedia.com
Untuk tumbuhan yang seperti ini bagus buat variasi semacam pohon cemara dalam taman kecil kita.

c. Dried Moss & Selaginella


Selain lumut-lumut yang membutuhkan kelembaban, juga bagus menggunakan jenis tumbuhan yang sedikit menggunakan air. Dried Moss bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi ruang terrarium kamu. Moss / lumut ini dikeringkan dulu, baru dipakai didalamnya.

Selaginella
Atau juga bisa menggunakan jenis lumut selaginella. Lumut ini seperti daun singkong, namun kecil-kecil. Dan lumut ini tidak terlalu banyak membutuhkan air.
Dried Moss

d. Kaktus

Tidak hanya tumbuhan yang sangat kecil-kecil diatas saja, kaktus juga bisa lho digunakan untuk pemanis terrarium. Pastinya harus kering lho ya. Jangan disiram mulu.
Kaktus
Nah, beberapa tanaman di atas merupakan sebagian saja atau beberapa contohnya saja. Kamu bisa mencari atau menemukan tanaman-tanaman lain. Kembangkan imajinasi dan berkreasilah.

3. Bahan untuk Media Tanaman Terrarium

a. Wadah (Gelas, Botol, atau Bohlamp)

Untuk wadah atau tempatnya, kamu bisa bereskperimen sesuka kamu. Bisa dari gelas, botol, nampan kaca, atau bahkan lampu yang sudah tidak terpakai. 
Bohlamp Terrarium
Atau terbuka seperti pot bunga juga boleh. Semuanya bisa dibuat sesuka hati kita.

Pot Bunga Terrarium


Selanjutnya, persiapkan media untuk menanam tumbuhan mini kalian. Apa saja media tersebut ? Perhatikan di gambar berikut ini. 

Media Tanam Terrarium
a.1. Tanah

Sudah jelas bukan gunanya untuk apa ? Kalau belum jelas, Aku jelaskan. Tanah ini berguna untuk penyimpan kebutuhan nutrisi tanaman. Agar bisa tumbuh dengan baik di dalam gelas atau botol yang kita gunakan.

a.2. Sphagnum Moss (Lumut Spaghnum Kering) 

Lumut kering jenis sphagnum ini digunakan sebagai pengontrol kelembapan tanah. Ketika kita menyiram tanaman kita, air akan tertampung dilumut ini. Dengan begitu kelembaban ekosistem mini kita terjaga.


Arang aktif ini juga berguna untuk penunjang kesuburan tanah. Trus, dimana membelinya ? Banyak kog dijual online. Namun Aku pernah mencoba tidak menggunakan arang aktif ini, tumbuhanku baik-baik saja.

a.4. Kerikil

Sudah pasti untuk mempercantik tampilan terrarium kita. Meskipun juga memberikan manfaat untuk pertumbuhan tanaman terrarium kita.

a.5. Pasir

Sebagai penutup media tanah agar terlihat indah permukaan tanaman kita. 

4. Alat Menyusun Terrarium

Beriku ini adalah alat untuk membuat terrarium tersebut.

Alat untuk menysusun tanaman terrarium
Kita tahu kan kalau tumbuhan yang akan kita masukkan ke dalam botol merupakan tumbuhan-tumbuhan yang kecil. Bahkan jari kita lebih besar dari tumbuhan tersebut. Nah, untuk itu, alat bantunya  adalah menggunakan pinset.

Pinset sangat membantu sekali untuk memasukkan tumbuhan ke dalam gelas atau botol yang akan kita gunakan sebagai tempat terrarium kita. Jangan lupa juga, batang kayu yang sudah dilancipkan. itu digunakan untuk menata tanaman yang sudah kita masukkan ke dalam botol.

Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

0 komentar: