Gerbang Ilmu adalah Mata ! Yuk Intip Cara Sehat Untuk Menjernihkan Mata Secara Alami

Cara Sehat Untuk Menjernihkan Mata Anda Secara Alami - Mata merupakan salah satu indra yang fungsi sangat memberi peran besar bagi tubuh manusia. Ketimbang indra lainnya, segala hal dimulai dari mata hingga memicu pergerakan indra- indra lainnya. Meski orang yang kehilangan penglihatannya masih mampu melanjutkan aktivitasnya, tetapi kehilangan penglihatan itu nyatanya memperburuk aktifitas. 


Begitu besarnya peran penting mata, tetapi hampir semua orang sangat mengandalkan mata, bahkan memaksa mata melakukan hal- hal diluar batas kemampuannya. Apa yang terjadi? Kerja mata menjadi lemah, misalnya pandangan menjadi kabur. Padahal, sangat diyakini tidak ada orang yang sengaja menginginkan matanya menjadi tidak sehat. Namun, sayangnya mereka tidak tahu caranya menjaga agar mata tetap sehat. Betapa enaknya bila saat memandang, semua visual yang terlihat tampak jernih. 

Keadaan mata menjadi tidak jernih disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor intern maupun esktern. Faktor intern terjadi dari turunan orang tua, sedangkan faktor ekstern akibat pengaruh aktivitas buruk dari luar, seperti membaca sambil tidur, melihat cahaya cerah terlalu lama dari ponsel, PC, atau televisi pada jarak yang dekat dan waktu yang terlalu lama, memaksakan kerja mata saat ia kondisinya lemah, kurang tidur karena begadang, merokok, mata sering terkena sinar matahari tanpa penghalang, dan kurang vitamin A. Hal- hal tersebut bisa mengakibatkan tidak hanya pada kurangnya tingkat kejernihan mata, mata merah, tetapi juga mengakibatkan mata minus. Walaupun mata tidak jernih tidak terlalu berbahaya, tetapi dalam penampilan mata memberikan kesan sakit.

1. Memperbanyak mengonsumsi sumber vitamin A


Vitamin A bisa didapatkan dari makanan, buah, dan sayuran. Makanan bervitamin A karena di dalamnya terdapat campuran buah dan sayuran. Buah mengandung vitamin A dalam persentase angka kecukupan gizi yang tinggi ada rasberry 33 IU/ 100 mencukupi 5,5 % akg, apel 54 IU/ 100 gram, 9 % akg, nanas ( 58 IU/ 100 gram, 9,6 % akg), anggur ( 66 IU/100 gram, 11 % akg), buah kesemek ( 81 IU/ 100 gr, 13,5 % akg), kiwi ( 87 IU/100 gr, 14,5 % akg), nangka ( 110 IU/ 100 gr, 18,3 % akg), buah tin ( 142 IU/ 100 gr, 23,67 % akg), alpukat (146 IU/ 100 gr, 24,3 % akg), kurma (149 IU/ 100 gr, 24,83 % akg), blackberry (214 IU/ 100 gr, 35,67 % akg), labu (217 IU/ 100 gr, 36,16 % akg), jeruk (225 IU/ 100 gr, 37,5 % akg), dan persik (326 IU/ 100 gr, 54,3 % akg). Sedangkan sayuran ada tomat, bayam, labu, labu, cabe, dll. 

2. Memperbanyak minum air putih


Mineral yang dibutuhkan tubuh sangatlah banyak. Wajar bila guna memenuhi angka kecukupan gizi mineral, air putih sebaiknya diminum mininal 8 gelas per hari. Untuk menjernihkan hindari tubuh sampai dehidrasi.

3. Cukup tidur


Memang pekerjaan orang dewasa sangat menuntut diri untuk memanage waktu dengan baik. Tetapi, kebutuhan untuk beristirahat tidak akan pernah berubah. Umumnya orang dewasa membutuhkan jam tidur 8 jam-an. Selain mengistirahatkan tubuh, mata juga memerlukan refresh pada jam tidur tersebut. Kerja pandangan mata saat lelah atau mengantuk justru akan semakin lemah. Akibatnya mata merah atau keruh. 

4. Menatap cahaya dalam jarak yang pas


Kebutuhan menatap gadget hampir setiap waktu dilakukan. Asal bisa mengatur jarak pandang antara gadget dengan mata, mata akan tetap jernih. Jarang pandang normal ialah 30 cm. Guna menghindari jarak pandang yang terlalu dekat, pilihlah posisi yang duduk yang baik. 
Alami dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Jaga kesehatan mata agar tetap jernih normal. Hindari pula makanan dan aktivitas yang memberikan pengaruh buruk untuk mata. Sebab, saat mata mulai tidak sehat, jelas kekuatan pandangan kamu akan menurun. Akhirnya, kamu harus memerlukan alat bantu melihat yaitu kacamata. Bukankah lebih baik melihat dengan mata secara langsung? Yuk, sayangi mata kita. 

Meskipun Agak Mustahil ! Yuk Coba Cara Menjadi Pasangan yang Baik Ini, Siapa Tahu Jitu!


Cara Menjadi Pasangan yang Baik, Bijaksana, dan Selalu Ada - Gimana, sih, rasanya menjalin hubungan dengan seseorang? Rasanya pasti nano- nano. Tahu, kan, permen nano-nano? Campur aduk, kan? Sedih, bahagia, marah, biasa aja, pasti rasa- rasa itu sudah kamu makan setiap hari. Lagipula, mencari pasangan, kan, bukan yang doyannya cuma pengen bahagia aja. 

Image : huffpos
Sangat perlu mencari atau menjadi pasangan yang siap merasakan rasanya nano- nano hubungan. Betul, nggak, sih? Kalau hidup cuma lempeng- lempeng aja, mah, tawar rasanya dong. Bikin yang berwarna, ya.
Tapi, rasanya nano- nano hubungan itu bikin nyesek. Bisa nangis seharian kalau misalkan ada masalah yang besar gitu. Itu ujian loh. Jadilah pasangan yang strong. 

Dan, kamu harus bisa menjadi pasangan yang tetap baik, bijaksana, dan selalu ada. Ketika kamu berhasil melakukan itu, yakin, deh, rasa nano- nano itu akan berubah jadi rasa yang manis. Lagipula kebanyakan manisan, kan, bisa diabetes. Iya nggak? Lakukan hal- hal berikut ini, ya. Check it out :

1. Mau mengalah

Mengalah bukan berarti kalah. Cowok sering bilang, cewek itu nggak mau ngalah atau cewek selalu menang. Sebenarnya nggak. Cobalah kamu pikir, pada akhirnya cewek, kan, yang harus nurut. Itu perintah Tuhan. Nggak ada, tuh, perintah untuk cowok harus mengalah pada cewek. 

Image : static.wixstatic
Tetapi, mengalah itu hal yang baik untuk dilakukan dan sangat menguntungkan bagi kelanjutan sebuah hubungan. Meski misalnya, kamu dan pasangan kamu sama-sama berwatak keras, mau enggak mau salah satu dari kalian harus ada yang mengalah. Cowok atau cewek terserah. Tapi, ada baiknya cowok yang mengalah duluan #hehe. Emangnya mau dibilang, “ih cowok, kok, kaya cewek nggak mau ngalah. Egois banget, sih, lu.” Cara kamu mengalah akan menunjukkan sikap bijaksanamu.

2. Mendoakan ketika sholat

Doa adalah satu- satunya senjata yang abadi. Kamu menghadirkan sosok dia ada dalam doamu. Kau sebut namanya, kau pintakan kebahagiaanya, kau mintakan jauhnya dari keburukan. Baik cewek maupun cowok sangat baik melakukan itu, terkhusus bagi pasangan suami istri. Doa adalah yang akan mengikat hati kalian. 

Image : aboutislam.net
Kau mendoakannya tanda kau sayang, baik padanya, dan selalu ada untuknya ketika ia hadir di sampingmu atau tidak. 

3. Tidak membeberkan kelamahan dan kekurangan pasangan

Pasangan adalah pemegang terbaik amanah setelah kamu mengetahui sisi baik dan buruknya dia, pasangan kamu. Saat setelah menjadi satu pasangan yang terikat dalam janji suci, kamu akan melihat ternyata dunia itu begitu luas, tak sesempit ketika kamu menganggap dia orang yang paling baik sedunia. No. Sisi buruk itu akan keluar perlahan dengan sengaja maupun tak sengaja. Dan, alangkah baiknya, kamu menyimpan sisi buruk itu hanya untuk dirimu. 

Image : Giphy
Jadilah pasangan yang baik yang menjadi pemegang rahasia. Itupun bukti kebijaksanaamu menghargai pasangan. Dan, kamu tidak perlu menjelek-jelekkan kekurangan pasanganmu di hadapan dia sendiri. Jika perlu dibuka, bukalah untuk menyelesaikan masalah. Kamu atau dia hadir sebagai jodoh untuk saling melangkapi kekurangan yang ada. 

4. Terbuka

Sikap saling terbuka yang sudah hilang dari pegangan masing-masing pasangan, itulah yang sering mengakibatkan retaknya hubungan. 

Image : gifimage
Jangan sampai, salah satu pasanganmu berkata, “Apa yang kamu sembunyikan dariku?” Biar hal itu nggak terjadi, baik pihak cowok ataupun cewek saling mengerti dan memahami dong. Kalau kamu mengerti pasanganmu, ya, nggak mungkin pakai menyembunyikan sesuatu segala. 

5. Menjaga pandangan

Eh, masih untung gue lirak-lirik cewek, kan, nggak aku nikahin. Atau eh, emangnya kenapa kalau gue suka lirik-lirik cowok, kan, gue juga masih nurut sama kamu. Kalimat seperti harus dihilangkan. Rasanya, sih, sebelum kamu nikahin dia, dia cantik banget. Tapi, pas udah nikah blenger lihat dia terus. Justru karena ia kamu harus lebih menguatkan pandangan agar hanya pasanganmulah yang terlihat paling cantik atau paling tampan. Buktikan kalau kamu bisa menjadi pasangan yang baik.

Image : Pinterest
Kamu udah ngelakuin hal- hal di atas belum? 5 hal itu bakalan sangat membantu untuk kelanjutan hubunganmu kedepannya. Janji suci bukanlah sembarang ikatan janji. Kamu melaksanakan itu atas nama Allah. Tuhan telah kau sebut untuk memulai hubungan halal itu. So, jadi pasangan yang baik, bijaksana, dan selalu ada, ya. 



Jadi Baik Sulit Ya? Paling Tidak Berpola Fikir Positiflah, Itu Akan Mengarahkanmu Menjadi Baik

Prinsip yang Mengarahkan Pada Positive Thinking


Prinsip yang Mengarahkan Pada Positive Thinking - Hidup harus punya prinsip. Seperti halnya kamu yang punya tujuan hidup, tahu ke mana arah yang harus kamu tuju, buat apa aku hidup? Seberapa besar nantinya aku bisa menjalaninya dengan baik?

Sumber : Giphy
Ya prinsip itulah yang nantinya akan membantumu menguatkan dan meluruskan selalu tujuan hidup yang ingin kamu capai. Dan, dalam menjalaninya kamu memerlukan prinsip- prinsip berikut ini, nih.

1. Allah always by my side

Sumber : Thedailycrisp
You cannot see Allah, you cannot touch Allah, but you can fell Allah. You know, Allah tidak pernah meninggalkan kita. Tapi, justru sebaliknya manusialah yang meninggalkan Tuhannya. Kehadiran Allah hanya bisa kita rasakan melalui apa yang berada di sekitar kita. Saat kamu berada dalam masalah, curahkanlah pada Allah. Tangis dan doa yang kau tunjukkan pada-Nya adalah bukti kau masih sangat memerlukan rahmat-Nya. Dan, kamu tak perlu berlarut-larut dalam kesedihan. Memangnya siapa yang tak pernah sedih? Semua orang pernah merasakannya. Hanya saja merasa kamu jadi orang paling menyedihkan bukan. Hidupmu bukan untuk menangis saja, tapi juga untuk tersenyum. Kau boleh saja menghitung berapa nikmat yang seharusnya kau senyumi setiap detik.

2. Allah pemegang janji terbaik

Michael Jordan
Salah satu janji Allah ialah dalam QS. Al-Zalzalah ayat 7-8 yang maknanya ketika manusia melakukan kebaikan dan keburukan sekecil apapun, dia akan tetap mendapatkan balasannya. So, hilangkan rasa dendam dan benci berlebihan. Allah yang akan selalu memberikan balasan yang setimpal. Semua pasti akan ada balasannya.

3. Hidup hanya sekali lalu mati

Steve Jobs Quote
Pernah berpikir hidup itu membosankan? Seperti ketika kau mengamati orang yang sudah tua, tapi ia masih berjuang keras untuk bertahan hidup di dunia. Hidup yang serba terbatas ini, ia pun masih dibatasi karena usianya, mulai dari makan yang harus dijaga, gerak tak boleh banyak, di rumah saja, tak bisa bekerja. Bukannya menjadi orang yang sudah tua membosankan? Sama ketika kamu berpikir, masa yang paling menyenangkan itu saat masih anak-anak. Riang gembira tak memikirkan beban pikiran apa-apa. Kalau sudah besar kau harus bekerja untuk hidup lagi. Belum lagi pekerjaanmu mungkin hanya begitu-begitu saja. Kerja dan kerja terus. Itulah hidup, Kawan. Hidup itu hanya sekali lalu mati. Perputarannya hanya akan begitu saja. Kau perlu prinsip ini, hidup sekali lalu mati. Jadilah orang yang mampu memanfaatkan segala sesuatunya dengan baik. Hidup yang sempit ini akan menjadi sangat tidak berarti jika kau tak memanfaatkan apa yang kamu dapatkan sekarang. Manfaat selagi sehat.

4. Surga dan neraka itu nyata

Surga Neraka
Ini bagian dari janji Allah. Allah menjanjikan orang yang beriman kepada-Nya surga yang tiada habis kenikmatannya. Kamu akan selama-lamanya berada di sana. Dan, bagi orang yang kafir neraka tempatnya. Itu mutlak akan terjadi. Maka, jadilah orang yang beriman agar mendapatkan surga-Nya.

5. Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan

Ayat Alqur'an
Berusalah keras, lalu tawakkal. Berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian. Susah dahulu bersenang kemudian. Dalam QS. Al-Insyirah ayat 5-6.

6. Jodoh pasti bertemu

Jodoh
Iyalah. Emang ada jodoh nggak ketemu? Yang lagi putus cinta, nggak perlu galau amat. Jika dia jodohmu, dia akan jadi milikmu nanti meski mungkin sekarang jalannya masih berbeda.

7. Rezeki tidak turun langsung dari langit

Rezeki
Tak akan datang bila tak dicari. Tergantung seberapa keras manusia mencarinya. Kalau cuma nongkrong, ndomblong di rumah, mau nunggu sampai kapapun, ya, nggak datanglah. Makanya, orang kaya dan orang sukses yang banyak duitnya, mereka pasti pekerja keras. Ingat, ya.

8. Bersedekah saat miskin

Bersedekah
Cara untuk menjadi kaya adalah melatih bersedekah saat kau tak punya. Ah, aku sedekah kalau duit udah banyak. Pas duit banyak, ya, belum tentu. Namun, ga hanya pas miskin saja, kalau sudah kaya harusnya lebih mudah untuk bersedekah, ya?

9. Jodoh cerminan diri

Jodoh
Pantaskanlah diri bila kamu ingin dapat jodoh yang baik. Fatimah-kanlah dirimu agar ia meng-Alikan dirinya. 

10. Proses tidak membohongi hasil

Hard Work
Bila kau mau bekerja keras, hasilnya pun akan sempurna. Pasti. Meski kadang tak sempurna di matamu, tapi sempurna menurut Allah. Hasil sempurna belum tentu jadi bukti kau bekerja keras. Makanya, titik tekannya pada proses yang kau lakukan.
Mulailah memegang prinsip dari sekarang. Hidup penuh godaan, ujian, dan cobaan.

Buah-Buahan Ini Baik Untuk Mencegah Kanker Payudara! Yuk Berbagi Kesehatan!

Mengonsumsi Makanan Sayuran dan Buah Penghindar Kanker Payudara - Penyakit kanker diantara kanker lainnya yang termasuk paling mematikan. Tercatat sebagai penyakit urutan nomor 5 di dunia yang bisa mengakibatkan kematian. Tujuh wanita dari 15 negara di Asia justru menempati peringkat pertama penyakit yang diidap.

Sumber : Global News
Kanker payudara bisa menyerang laki- laki atau perempuan, tetapi hanya sedikit yang menyerang laki- laki antara 1 banding 1.000. Sangat kecil kemungkinannya. Dan, di Indonesia sendiri dinyatakan 27 insidensi 27 per 100.000 wanita terkena kanker payudara.

Sel kanker payudara terbentuk dari gen yang bermutasi atau tumbuh tidak normal. Di sinilah terjadi perubahan proses dimana sel yang harusnya mati, tetapi sel tersebut masih tumbuh dan kemudian membesar berkembang biak dalam tubuh. Sedangkan, payudara dibangun oleh jutaan bahkan milyaran sel dan sel-sel yang tidak terkontrol tersebut menjadi sebab adanya kanker payudara.

Kanker payudara bermula dari saluran ASI atau lobulus yang menyebar ke dalam jaringan lemak. Sebuah penelitian menegaskan bahwasannya sistem endoktrin dalam payudara yang fungsinya mengontrol perkembangan payudara dan yang memberikan pengaruh besar terhadap indikasi kanker payudara.

Selain dari dalam tubuh, kanker juga dipicu oleh faktor dari luar yang merangsangnya melalui obesitas atau kelebihan berat badan, pemakaian hormon, reproduksi, penyakit fibrokistik (proses terbentuknya jaringan ikat yang berlebihan yang pada umumnya terjadi akibat peradangan yang ditandai dengan benjolan payudara, tapi bukan kanker yang hanya sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan sering bersifat periodik atau pada waktu- waktu tertentu saja), keturunan keluarga, konsumsi lemak, radiasi barang elektronik, dan usia (rata- rata ≤ 30 tahun).

Dari faktor- faktor tersebut salah satunya bisa dirangsang oleh kehadiran lemak yang pula sering diperoleh dari makanan yang telah kita konsumsi, kamu terutama para wanita disarankan menjaga makanan- makanan yang masuk. Nah, kamu bisa mengonsumsi makanan di bawah ini guna mencegah datangnya kanker payudara:

1. Apel

Sumber : Daily News
Sering mengupas kulit saat memakan apel? Sebaiknya jangan dilakukan lagi. Justru kulit pun mempunyai vitamin yang tinggi. Di sana terdapat serat dan anti oksidan yang tidak akan kamu dapatkan bila mengupasnya. Kulit apel dipercaya bisa mencegah penyebaran sel-sel kanker pun berdasarkan penelitian.

2. Delima merah

Sumber : Strongertogether
Manfaat delima merah ialah menghilangkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan, serta perkembangan sel- sel kanker dan penyakit lainnya yang ada di tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu merangsang sel-sel darah putih guna menetralkan racun di dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh dapat meningkat, kuat dan sehat. Delima merah yang dikonsumsi rutin sebagai asupan nutrisi sehari- hari dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat yang biasanya ada pada laki- laki. Selain itu, juga bisa memblokir aromatase (enzim pengubah androgen menjadi estrogen yang artinya hormon yang memberikan peran penting bagi perkembangan kanker payudara).

3. Brokoli dan bunga kol

Sumber : bbcgoodfood
Populer sebagai sayuran pencegah kanker payudara dengan alasan kadar vitamin C sebagai anti oksidan di dalamnya termasuk tinggi ketimbang jeruk. Jarang orang yang mengetahuinya. Brokoli bermanfaat mendukung penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Yang terpokok di sini brokoli bisa mencegah terjadinya kanker payudara yang persentasenya sebesar 20- 40 %. Juga mencegah kanker pada kandung kemih.

4. Wortel

Sumber : Giphy
Wortel, buah blewah, dan ubi manis yang warnanya kuning atau oranye adalah makanan sumber vitamin A yang dikenal sebagai karotenoid (pigmen yang bisa mencegah pertumbuhan dan perkembangan kanker payudara yang banyak terdapat dalam lemak hewani dan nabati).

5. Sereal kombinasi

Sumber : 9coach
Dibuat dari campuran campuran makanan dan buah-buahan. Mengonsumsi sereal bertujuan memperoleh folat yang merupakan vitamin B. Vitamin B dapatmembantu melindungi tubuh terhadap bahaya kanker payudara dan rektum usus besar. Sereal itu bisa dari sereal gandum yang kaya akan serat dan folat yang ditambahkan buah- buahan seperti jeruk, melon, dan stroberi. Atau jadikan buah- buahan sebagai jus.

Pencegahan terhadap kanker tidak hanya berhenti pada seringnya memakan makanan yang dapat mencegahnya. Kamu dan kita semua harus menjaga tubuh dari pemicu- pemicu dari luar seperti menjaga jarak dengan benda yang beradiasi tinggi. Mari sehat bersama untuk generasi selanjutnya.





Gak Masuk Akal, Masa Bisa Diet Mudah Pakai Telur ? Enak Dong ?

Diet Mudah untuk Menghilangkan Lemak dengan Konsumsi Telur - Indonesia bukanlah negara yang terkenal dengan wanita bertubuh gemuknya seperti wanita- wanita timur tengah yang dikatakan lebih cantik bila tubuhnya gemuk. Tetapi, sepertinya berbeda dengan pandangan laki- laki pada umumnya yang menganggap wanita bertubuh langsing atau ideal itu lebih menarik. Maka, tidak jarang wanita yang menginginkan memiliki tubuh lebih kurus dari tubuh gendutnya. Belum lagi kalau misalkan ia berada diantara perempuan- perempuan yang mayoritas bertubuh kecil ramping dan seksi. 

Telur untuk Diet
Keadaan itu sangat mendukung dan menguatkan keinginan perempuan bertubuh gemuk untuk mengurangi gelambir- gelambir di perut, meniruskan pipi, mengecilkan pinggang, paha, dan betis. Ah, semua bagian tubuh serasa harus kecil bagi perempuan yang sudah terinfeksi oleh pandangan keidealan tubuh menjadi syarat menjadi cantik. Lagipula selain itu keuntungan memiliki tubuh ramping tidak hanya sesempit itu. Tidak akan jadi merasa beruntung memiliki tubuh ideal bila ukurannya hanya sebatas tidak cantik menjadi cantik. 

Snsd Slim Body
Keuntungan memiliki tubuh ideal ialah mudahnya memilih ukuran baju, tidak beresiko terkena banyak penyakit seperti gula darah tinggi pemicu diabetes, hemat karena dalam waktu yang lama baju lama masih bisa dipakai, lebih energik bergerak, lebih percaya diri, lebih leluasa makan dan minum tanpa mengurangi rasa percaya diri tidak akan gemuk, kelihatan lebih segar, dan lain- lain. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, maka harus memilih cara yang tepat, sehat, dan aman. Caranya seperti apa? Kamu boleh saja diet melalui konsumsi telur. Tapi, apakah telur bisa menghilangkan lemak, sedangkan telur memiliki banyak kolestrol? Jika mengonsumsi telur lebih banyak apa aman dengan kadar kolestrol dalam tubuh?


Pada dasarnya lemak bukanlah kolestrol. Yang dapat mengakibatkan tubuh gemuk ialah lemak yang menumpuk pada kulit hingga tampak selulit pada hampir semua bagian tubuh. Sementara kolestrol merupakan senyawa yang hampir seperti lemak yang sudah ada dalam tubuh, berjalan melalui aliran darah dan diproduksi oleh hati. Dan, untuk mendapatkan kadar kolestrol lebih, bisa pula didapatkan melalui konsumsi makanan seperti telur, daging, udang, dan susu. Kolestrol lebih cederung mengarah pada kesehatan jantung dimana ketika makanan yang banyak mengandung kolestrol dikonsumsi dan itu melampaui jumlah kolestrol yang seharusnya masuk ke dalam tubuh, maka kesehatan jantung akan terganggu. Maka, seseorang yang hendak diet harus mengetahui hal- hal seperti di atas, seberapa banyak kebutuhan kolestrol dalam tubuhnya. Lantas bukan berarti orang yang diet sama sekali tidak boleh mengonsumsi telur. Kolestrol tetap diperlukan bagi tubuh. 

Nah, jenis- jenis lemak ialah lemak jenuh, lemak jenuh tunggal, lemak trans, lemak tak jenuh jamak, dan kolestrol. Lemak jenuh yang terlalu banyak mengakibatkan meningkatknya kadar kolestrol jahat atau LDL yang berisiko penyakit jantung koroner. Maka dari itu, untuk perempuan yang sedang diet menggunakan telur, sebaiknya melakukan cara berikut ini:

Makan telur setiap pagi, siang, dan malam

Telur Ceplok
Dengan catatan putih telur saja untuk menghindari peningkatan kadar kolestrol tinggi. Hanya kuning telur yang mengandung kolestrol tinggi. 

1. Pagi: 3- 5 telur putih omelet + kopi hitam no sugar atau ganti teh bila memiliki riwayat asam lambung + bayam secukupnya. Note: telur dadar sebaiknya tanpa menggunakan minyak untuk menghindari konsumsi lemak jenuh. Bisa dengan wingko (sejenis wajan dari tanah liat degan bungkusan daun pisang) atau dengan wajan pun tak masalah. 

2. Siang: Makan nasi secukupnya, kurangi menjadi beberapa sendok saja, misal 4 sendok. Atau, ganti dengan 1 apel dan 1 roti gandum.

3. Malam: 3- 5 telur putih dadar atau diganti sepotong dada ayam + bayam secukupnya. Dengan catatan yang sama. 

Walaupun sebetulnya dalam keadaan tubuh yang benar- benar sehat, tubuh boleh mengonsumsi LDL sebesar 300 gram per harinya. Maka, sebelum melakukan diet dengan telur, cek kesehatan agar semuanya bisa kamu ketahui. Tanyakan berapa banyak jumlah kalori, lemak, dan kolestrol yang bisa kamu konsumsi per hari. Pengonsumsian yang tertera di atas pun bisa berubah sesuai dengan kondisi tubuh kamu. Karena diet tidak boleh sembarang diet. Tidak boleh terlalu memaksakan diri sehingga memilih jalan diet yang terlalu ketat. Diet sehat, aman, dan nyaman.

Mata Menjadi Lebih Bening Mempesona ! 4 Cara Menjernihkan Mata Secara Alami


Cara Sehat Untuk Menjernihkan Mata Anda Secara Alami - Mata merupakan salah satu indra yang fungsi sangat memberi peran besar bagi tubuh manusia. Ketimbang indra lainnya, segala hal dimulai dari mata hingga memicu pergerakan indra- indra lainnya. Meski orang yang kehilangan penglihatannya masih mampu melanjutkan aktivitasnya, tetapi kehilangan penglihatan itu nyatanya memperburuk aktifitas. Begitu besarnya peran penting mata, tetapi hampir semua orang sangat mengandalkan mata, bahkan memaksa mata melakukan hal- hal diluar batas kemampuannya. Apa yang terjadi? Kerja mata menjadi lemah, misalnya pandangan menjadi kabur. Padahal, sangat diyakini tidak ada orang yang sengaja menginginkan matanya menjadi tidak sehat. Namun, sayangnya mereka tidak tahu caranya menjaga agar mata tetap sehat. Betapa enaknya bila saat memandang, semua visual yang terlihat tampak jernih.
Mata
Keadaan mata menjadi tidak jernih disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor intern maupun esktern. Faktor intern terjadi dari turunan orang tua, sedangkan faktor ekstern akibat pengaruh aktivitas buruk dari luar, seperti membaca sambil tidur, melihat cahaya cerah terlalu lama dari ponsel, PC, atau televisi pada jarak yang dekat dan waktu yang terlalu lama, memaksakan kerja mata saat ia kondisinya lemah, kurang tidur karena begadang, merokok, mata sering terkena sinar matahari tanpa penghalang, dan kurang vitamin A. Hal- hal tersebut bisa mengakibatkan tidak hanya pada kurangnya tingkat kejernihan mata, mata merah, tetapi juga mengakibatkan mata minus. Walaupun mata tidak jernih tidak terlalu berbahaya, tetapi dalam penampilan mata memberikan kesan sakit.
Lalu, bagaimana cara menanggulangi atau mengobati mata yang tidak jernih? Mari simak penjelasan di bawah dan budayakan membaca sampai habis:

11.    Memperbanyak mengonsumsi sumber vitamin A


Wortel
Vitamin A bisa didapatkan dari makanan, buah, dan sayuran. Makanan bervitamin A karena di dalamnya terdapat campuran buah dan sayuran. Buah mengandung vitamin A dalam persentase angka kecukupan gizi yang tinggi ada rasberry 33 IU/ 100 mencukupi 5,5 % akg, apel 54 IU/ 100 gram, 9 % akg, nanas ( 58 IU/ 100 gram, 9,6 % akg), anggur ( 66 IU/100 gram, 11 % akg), buah kesemek ( 81 IU/ 100 gr, 13,5 % akg), kiwi ( 87 IU/100 gr, 14,5 % akg), nangka ( 110 IU/ 100 gr, 18,3 % akg), buah tin ( 142 IU/ 100 gr, 23,67 % akg), alpukat (146 IU/ 100 gr, 24,3 % akg), kurma (149 IU/ 100 gr, 24,83 % akg), blackberry (214 IU/ 100 gr, 35,67 % akg), labu (217 IU/ 100 gr, 36,16 % akg), jeruk (225 IU/ 100 gr, 37,5 % akg), dan persik (326 IU/ 100 gr, 54,3 % akg). Sedangkan sayuran ada tomat, bayam, labu, labu, cabe, dll.

22.    Memperbanyak minum air putih


Segelas Air Putih
Mineral yang dibutuhkan tubuh sangatlah banyak. Wajar bila guna memenuhi angka kecukupan gizi mineral, air putih sebaiknya diminum mininal 8 gelas per hari. Untuk menjernihkan hindari tubuh sampai dehidrasi.

33.    Cukup tidur

Cukup Tidur
Memang pekerjaan orang dewasa sangat menuntut diri untuk memanage waktu dengan baik. Tetapi, kebutuhan untuk beristirahat tidak akan pernah berubah. Umumnya orang dewasa membutuhkan jam tidur 8 jam-an. Selain mengistirahatkan tubuh, mata juga memerlukan refresh pada jam tidur tersebut. Kerja pandangan mata saat lelah atau mengantuk justru akan semakin lemah. Akibatnya mata merah atau keruh.

44.    Menatap cahaya dalam jarak yang pas


Menatap Layar handphone
Kebutuhan menatap gadget hampir setiap waktu dilakukan. Asal bisa mengatur jarak pandang antara gadget dengan mata, mata akan tetap jernih. Jarang pandang normal ialah 30 cm. Guna menghindari jarak pandang yang terlalu dekat, pilihlah posisi yang duduk yang baik.
Alami dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Jaga kesehatan mata agar tetap jernih normal. Hindari pula makanan dan aktivitas yang memberikan pengaruh buruk untuk mata. Sebab, saat mata mulai tidak sehat, jelas kekuatan pandangan kamu akan menurun. Akhirnya, kamu harus memerlukan alat bantu melihat yaitu kacamata. Bukankah lebih baik melihat dengan mata secara langsung? Yuk, sayangi mata kita.



Popeye Berbohong ! Zat Besi Bayam Bisa Meracuni Tubuh Ketika,


Kandungan Zat Besi Bayam Menjadi Racun Ketika Dipanaskan - Bayam yang dalam bahasa latinnya Amaranthus sp termasuk sayuram yang amat mudah dijumpai di Indonesia selain karena memang pertumbuhannya sangat mudah dan bisa dibeli di mana- mana dengan harga yang murah sekali.  
Bayam
Dengan kandungan gizinya yang sudah dikenal tinggi juga bukanlah satu- satunya alasan mengapa bayam banyak dikonsumsi oleh mayoritas masyarakat. Tetapi, juga disebabkan oleh rasanya yang enak, lembut, bisa diolah dengan berbagai makanan yang pengolahannya pun mudah. Praktis begitulah. Meski pengolahannya mudah dan sebetulnya bisa dimasak dalam waktu singkat, tak jarang juga, tuh, yang memasak dalam porsi lebih hingga untuk memakannya kembali perlu dipanaskan. Padahal, bayam tersebut tidak busuk, hanya dingin supaya lebih lezat saat menyantapnya perlu keadaan hangat. Hal seperti itu apakah tidak masalah?
Nah, merebus sayuran ialah bagian dari cara yang aman untukmengonsumsi sayuran dengan cara sehat. Dalam perebusan itupun tak meninggalkan aturan yang seharusnya dilakukan. Saat memasak usahakan jangan memakai aluminium. Reaksi aluminium dengan kandungan bayam mengubah menjadi racun pula. 
Bayam Popeye
Bayam direbus lebih baik menggunakan air sedikit mengingat bayam cepat sekali lunak hanya dalam waktu 4- 6 menit. Dan juga, kandungan dalam bayam tidak tahan panas sehingga nantinya kandungan tersebut dapat berkurang atau rusak karena proses pemanasan yang seharusnya hanya terjadi sekali saat proses memasaknya tadi. Aturan pengonsumsiannya bayam lebih baik dimakan sekali habis dan dimasak secukupnya untuk menghindari proses pemasanan dan tercampurnya udara ke dalam bayam.
Kandungan yang terdapat dalam bayam ialah vitamin A dan C, zat besi, fosfor, dan kalsium. Tetapi, apakah kalian tahu kalau gizi tersebut bisa berubah karena benturan dengan kondisi tertentu? Contoh kandungan zat besi tersebut. Ferro (Fe2+) dalam zat besi bisa berubah menjadi ferri (Fe3+) ketika sudah terlalu lama tercampur dengan udara atau teroksidasi. Kenapa? Ferro dan ferri kandungan zat besi yang berbeda. Ferri tersebut bermanfaat sedangkan ferri adalah racun. 
Padahal, dari manfaat zat besi itu sendiri sudah banyak seperti menunjang kesehatan darah dan otot, serta  mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika kekurangan zat besi justru penyakit seperti inilah yang muncul, anemia gizi dan defisiensi besi. Dan, dalam jumlah konsumsi yang banyak kandungan purin yang banyak dapat mengakibatkan rasa nyeri pada penderita asam urat.
Menu Bayam
Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa perebusan bayam seberat 10 gram selama 1, 3, dan 5 jam kandungan zat besi di dalamnya berbeda- beda. Kandungan zat besi tertinggi ada pada rentan waktu perebusan selama 1 jam yaitu 29,59 %. Artinya, semakin lama proses perebusan dengan pasti kandungan zat gizi yang diperoleh semakin rendah dan bisa menjadi racun untuk waktu seterusnya. 
Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh zat besi (anorganik) yang tidak mampu terurai dalam jangka waktu yang terlalu lama. Maka, selanjutnya dapat dipastikan bayam yang sudah dimasak lama ditambah belum lagi pemanasan setelahnya, sebetulnya itu sudah tidak layak dikonsumsi. Bukan manfaat, tapi justru racun yang akan mengendap dalam tubuh. Belum lagi ditambah dengan kandungan merugikan dalam bayam yaitu asam oksalat. 
Kadar asam oksalat pun juga meningkat dalam perebusan bayam lebih lama. Kadar asam oksalat tersebut akan larut dan tercampur dalam air bayam yang dimasak. Sebab, asam oksalat bisa menyerap kalsium yang sangat dibutuhkan bagi tulang, mengakibatkan kerja elektrik jantung tidak normal, dan munculnya indikasi batu ginjal. 
Banyak sekali dampak buruk yang didapatkan. Sedangkan, hal ini diyakini banyak yang belum mengetahuinya. Alhasil, racun- racun dari makanan tersebut mengendap dalam tubuh dan dalam periode tertentu gejala- gejala penyakit lama teras kembali atau menambah gejala penyakit baru. 
Maka dari itu, sebaiknya memang menggunakan porsi pas dalam memasak bayam. Lebih baik tidak tersisa agar tidak perlu pemanasan lagi. Jangan lupa untuk menghindari pemakaian aluminium saat memasak. Maka, sebagai gantinya bisa memakai stainless steel atau bisa kembali ke zaman dahulu memasak menggunakan wadah pemasak dari tanah liat atau gerabah.