55 Fakta tentang kucing :3

01:08 2 Comments

Sepertinya kayak ga ada kerjaan lain ya? kog meneliti perilaku kucing sampai segitunya. Aku kadang berfikir, begitulah orang-orang kebanyakan di negara maju, terutama para ilmuan. Mereka sangat memperhatikan sekitar, bahkan sedetail mungkin mereka memperhatikannya. Sekarang ini, Aku menulis ulang fakta tentang kucing. Tidak usah banyak-banyak, 80 poin saja.

Kucing Gemuk

80 Fakta tentang kucing yang menarik di baca

Berikut ini 80 hal tersebut yang menarik untuk Kita baca, Eh maaf, Aku baca. Kalau Kamu suka Anjing, pertimbangkan juga untuk memelihara Kucing setelah membaca 80 fakta berikut.

1. Setiap tahun, hampir 4.000.000 kucing yang dimakan di Asia. :kejam:

2. Rata-rata, kucing menghabiskan 2/3 hari dalam hidupnya untuk tidur. Artinya, kalau si kucing berumur 15 tahun, kucing tersebut tidur selama 5 tahun dalam hidupnya.

3. Kucing tidak memiliki gigi manis atau (sweet tooth) Tidak seperti anjing, yang memiliki gigi tersebut.

4. Ketika kucing mengejar mangsa, kepala kucing tetap berada dalam keadaan yang mereka atur. Artinya, ketinggian kepala mereka seperti sudah didesain seperti itu. Berbeda dengan Anjing, terkadang kepala mereka meninggi dan merendah.


5. Istilah teknis untuk gumpalan bulu kucing adalah "bezoar."

6. Sekelompok kucing disebut "clowder."

7. kucing Perempuan cenderung menyakar/menjejak dengan cakar kanan mereka, sedangkan kucing jantan lebih sering meninggalkan jejak mereka dengan menggunakan cakar kiri mereka. Menariknya lagi, pada manusia 90% orang yang dominan tangan kanan adalah cewek, sisanya 10% yang kidal adalah cowok.

8. Seekor kucing tidak bisa menuruni pohon dengan posisi kepala terlebih dahulu, karena cakar mereka memiliki arah yang sama semuanya. Jadi harus jalan mundur. Hahaha

Kucing Turun dari Pohon

9. Kucing membuat 100 suara yang berbeda sedangkan anjing hanya dapat mengeluarkan 10 macam suara.


10.  Otak Kucing secara biologis lebih mirip otak manusia. Manusia dan kucing memiliki daerah yang hampir sama (susunannya) untuk bagian emosional mereka.

11. Ada lebih dari 500 juta kucing domestik di dunia yang hanya 40 jenis peranakan saja yang sikenali.

12. Untuk membuat jaket/jas, dibutuhkan 24 ekor kucing dewasa.


13. Umumnya di dunia ini berfikiran bahwa orang Mesir kunolah yang pertama kali menjinakkan kucing, padahal baru-baru ini ditemukan sebuah kuburan dengan umur 9500 tahun di Pulau Mediterania Siprus. Kuburan ini lebih awal dibandingkan dengan lukisan yang terdapat di peradaban Mesir kuno di awal 4000 tahun lebih. 

14. Selama masa Inkuisisi Spanyol, Paus Innocent VIII mengutuk kucing sebagai hewan yang jahat dan ribuan kucing telah dibakar olehnya. Akibat kelakuannya tersebut, populasi tikus menjadi menggila dan tidak terkontrol yang memperburuk efek dari Black Death.

15. Pada abad pertengahan, kucing dikaitkan dengan sihir dan pada Hari St. John, seluruh orang Eropa memasukkan kucing-kucing ke dalam karung dan melemparkan nya ke dalam api unggun. Pada hari-hari suci mereka banyak orang yang menjatuhkan kucing dari atas menara gereja. :kejam:

16. Kucing menjadi peliharaan yang paling populer di Amerika Utara.


17. Kucing menjadi peliharaan yang paling populer di Amerika Utara : ada 73 juta kucing di sana sedangkan anjing hanya ada 63 ekor. Lebih dari 30% rumah tangga di Amerika Utara memiliki seekor kucing.

18. Kucing yang pertama kali ke luar angkasa adalah kucing dari Prancis bernama Felicette (Alias "Astrocat") pada tahun 1963. Bukankah keren? :matabelo:

19. Kelompok-kelompok yang berhubungan dengan kucing (Catt, Cath, Chatting, Katze) berasal dari Catus Latin, yang artinya kucing domestik sebagai lawan dari feles yang artinya kucing liar.


20. Istilah "puss" adalah akar dari kata utama untuk "cat" dalam istilah Roma Pisica dan akar kata dari istilah dalam Lithuanian (puz) dan Low Germann puus. Beberapa ahli menyarankan agar menyuarakan kata "puss" agar mendapatkan perhatian kucing. Sebagai kata slang untuk wanita Pudenda, itu bisa dikonotasikan dengan kucing yang lembut, hangat, dan fuzzy. Nah, disinilah kenapa kalau Aku tahu ada kucing dan Aku bilang "puuuuuss", mereka melihat ke arahku. Tapi, saat Aku bilang, "kucingggg". Aku di abaikan.

21. Sekitar 40.000 orang digigit kucing di US dalam setahun. :nakalsihamapuss:

22. Menurut legenda bahasa Ibrani, Nuh berdoa kepada Tuhan untuk membantu melindungi semua makanan yang dia disimpan pada bahtera dari yang dimakan oleh tikus. Dalam jawabannya, Tuhan membuat Kucing keluar dari Singa yang sedang bersin. :hahahaha:

23. Pendengaran kucing lebih baik dari anjing. Dan kucing dapat mendengar frekuensi tinggi suara hingga dua oktaf lebih tinggi dari manusia.

Telinga Kucing

24. Seekor kucing dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan tercepat sekitar 31 mph (49 km) dalam jarak dekat.

25. Seekor kucing bisa melompat hingga lima kali dari tinggi tubuhnya dalam sekali lompatan.

26. Beberapa kucing selamat dari jatuh dengan ketinggian lebih dari 65 kaki (20 meter), sebagian besar karena mereka "righting reflex". Dimana kemampuan seekor kucing untuk menstabilkan Mata dan organ keseimbangan di telinga bagian dalam mereka agar mendarat dengan kaki mereka. Bahkan seekor kucing yang tidak memiliki ekor pun memiliki kemampuan ini. :waw:


27. Seekor kucing menggosok-gosokkan tubuh mereka terhadap orang-orang sekitar mereka atau benda milik tuan mereka untuk menandai bahwa wilayah tersebut milik mereka.

28. Seekor kucing menggosokkan tubuh mereka kepada orang yang mereka sayang, bukan hanya karena mereka sayang, tetapi juga untuk menandai wilayahnya dengan kelenjar bau di sekitar wajahnya. Daerah ekor dan cakar juga membawa bau-bauan bagi seekor kucing.

29. Para peneliti tidak yakin persis bagaimana kucing mendengkur. Kebanyakan dokter hewan percaya bahwa kucing mendengkur dengan menggetarkan pita suara yang dalam di tenggorokan mereka. Untuk melakukan ini, otot di laring membuka dan menutup saluran udara sekitar 25 kali per detik.

30. Ketika kucing keluarga Mesir kuno meninggal, anggota keluarga akan meratapi kesedihan mereka dengan mencukur alis. Mereka juga mengadakan upacara pemakaman yang rumit di mana mereka minum anggur dan memukul dada mereka. Kucing dibalsem dengan topeng kayu terpahat dan mumi kecil ditempatkan di makam keluarga atau di pemakaman hewan peliharaan dengan mumi tikus kecil.

31. Pada tahun 1888, lebih dari 300.000 kuburan mumi kecil ditemukan di Mesir. Mereka dikelurkan dari bungkusnya dan diangkut untuk digunakan oleh petani di Inggris dan Amerika Serikat untuk pupuk.

32. Kebanyakan kucing melahirkan antara satu sampai sembilan anak kucing. Proses melahirkan kucing terbanyak pernah diketahui adalah 19 anak kucing dengan 15 anak kucing yang bertahan hidup.

33. Hukuman bagi orang yang menyelundupkan kucing ke luar Mesir kuno akan dihukum mati. Pedagang Fenisia berhasil menjual kucing selundupan yang mereka jual ke orang-orang kaya di Athena dan kota-kota penting lainnya.

34. Nenek moyang kucing modern hidup sekitar 30 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan menyebutnya Proailurus, yang berarti "kucing pertama" dalam bahasa Yunani.

35. kucing liar terbesar saat ini adalah harimau Siberia. Kucing ini dapat tumbuh lebih dari 12 kaki (3,6 m) panjang (sekitar seukuran mobil kecil) dan berat hingga 700 pound (317 kg).


36. Kucing liar terkecil saat ini adalah Kucing berkaki hitam (Black-footed cat). Kucing yang betina memiliki ukuran kurang dari 20 inci (50 cm) panjang dan berat paling ringan 1,2 kg.

39. Banyak orang Mesir menyembah dewi Bast, yang memiliki tubuh seorang wanita dan kepala kucing.

40. Nabi Muhammad mencintai kucing dan diceritakan bahwa kucing kesayangannya, muezza, adalah seekor kucing betina. Diceritakan (legenda) bahwa kucing memiliki tanda seperti huruf "M" untuk nama Nabi Muhammad, karena Nabi sering meletakkan tangannya dikepala kucing.

41. Kebanyakan orang Eropa percaya bahwa kucing hitam membawa/bertanda nasib buruk sedangkan di Inggris dan Australia kucing hitam adalah tanda keberuntungan.

42. Kucing peranakan yang paling populer adalah kucing Persia dan berikutnya adalah Main Coon dan Kucing Siam.

43. Kucing terkecil yang memiliki peranakan terbaik adalah kucing Singapura. Memiliki berat hanya 1,8 Kg atau sekitar lima kaleng besar makanan kucing. Kucing terbesar adalah Kucing Main Coon yang beratnya bisa sampai 11,3 Kg.


44. Beberapa kucing Siam yang juling untuk mengkompensasi saraf optik mata yang abnormal44. Beberapa kucing Siam juling karena saraf dari sisi kiri otak berada di sebagian besar mata kanan dan saraf dari sisi kanan otak berada di sebagian besar mata kiri. Hal ini menyebabkan beberapa penglihatan ganda, yang mengakibatkan kucing mencoba untuk memperbaikinya dengan "menyilangkan" matanya.

45. Para peneliti percaya kata "tabby" berasal dari Attabiyah, sebuah lingkungan di Baghdad, Irak. Tabbies mendapatkan nama mereka karena mantel bergaris mereka yang menyerupai pola bergelombang dimana dikota ini terkenal dengan produksi sutranya.46. ​​Kucing benci air karena bulu mereka tidak melindungi kulit mereka dengan baik ketika basah. Turki Van, adalah salah satu kucing yang suka berenang. Dibesarkan di Asia Tengah, "mantel" yang memiliki tekstur unik yang membuatnya tahan air.

46. Egyptian Mau mungkin adalah jenis kucing tertua. Bahkan, nama mereka sendiri diambil dari bahasa Mesir kuno.

47. Hewan kloning pertama yang dijual adalah kucing bernama "LittleNicky." Biaya yang ditanggung pemiliknya adalah  $ 50.000, menjadikannya salah satu kucing paling mahal sepanjang masa.

48. Kucing biasanya memiliki sekitar 12 kumis di setiap sisi wajahnya.

49. Penglihatan Seekor kucing lebih baik sekaligus lebih buruk dari manusia. Hal ini lebih baik karena kucing bisa melihat dalam cahaya redup dan mereka memiliki pandangan yang lebih luas. Ini lebih buruk karena mereka tidak melihat warna seperti manusia. Para ilmuwan percaya rumput tampak merah bagi seekor kucing.

50. Cerita rakyat Spanyol-Yahudi menceritakan bahwa istri pertama Adam, Lilith, menjadi vampir kucing hitam, mengisap darah dari bayi yang sedang tidur. Ini mungkin awal muncul takhayul bahwa kucing akan menutupi bayi yang sedang tidur atau menghisap nafas seorang bayi.

51. Mungkin kucing komik yang paling terkenal adalah Cat Cheshire di Lewis Carroll Alice in Wonderland. Dengan kemampuannya bisa menghilang, karakter misterius ini mewujudkan sihir sekaligus desas-desus tentang kucing berada pada karakter kucing ini.


52. Dalam Cinderella versi Italia asli, sosok ibu peri yang baik hatinya adalah seekor kucing.

53. Dua Kucing Siam menemukan mikrofon tersembunyi yang dipasang oleh mata-mata Rusia di kedutaan Belanda di Moskow karena mengeong terus-terusan. :waw:

54. Jumbai sedikit rambut di telinga kucing membantu menyaring suara langsung ke telinga dan juga  melindungi telinga disebut "ear furnishings".

55. Kucing adalah hewan kesayanganku. :D

Keren kan kucing itu,sangat cocok dijadikan peliharaan, selain hal yang utama adalah cara merawatnya tidak terlalu rumit, juga kucing tidak memiliki bau badan yang menyengat, lembut, menyenangkan, bisa diajak bermain, sangat perhatian. Ah, Banyak sekali hal yang menyenangkan untuk bahas kucing ketika cangkruan. Hahaha


References
1.Bidner, Jenni. 2006. Is My Cat a Tiger? New York, NY: Lark Books.
2.Cat.” Online Etymology Dictionary. Accessed: July 20, 2010.
3.Cat World Records.” Cat World. Accessed: July 20, 2010.
4. Clutton-Brock, Juliet. 2004. Cat. New York, NY: DK Publishing, Inc.
5.EU Proposes Cat and Dog Fur Ban.” BBC News. November 20, 2006. Accessed: July 20, 2010.
6. Fogle, Bruce. 2006. Cats. New York, NY: Dorling Kindersley Limited.
7. Frith-Macdonald, Candida. 2008. Encyclopedia of Cats. New York, NY: Parragon Books Ltd.
8.How Many Dogs and Cats Are Eaten in Asia?” Animal People Online. Accessed: July 20, 2010.
9.Piven, Hanoch. 2009. What Cats Are Made Of. New York, NY: Ginee Seo Books.
10.Pussy.” Online Etymology Dictionary. Accessed: July 20, 2010.
11. Rochlitz, Irene. 2005. The Welfare of Cats. Norwell, MA: Springer.
12. Viegas, Jennifer. “Female Cats Are Right-Pawed, Males Are Lefties.” Discovery News. July 23, 2009. Accessed: July 20, 2010. 

Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Making use of even some of the uncomplicated methods like hunting a person's identity on the major search engines you could be capable of locating an individual. Since a bigger percentage of Net users desire using Google for queries this method is currently generally known as "Googling" a person. In the beginning this lookup was generally known USA Search People as a random lookup instead of a good way of tips on how to find men and women fast and cost-free.

    ReplyDelete