Pencapaian penting Indonesia selama 70 tahun di bidang apa ya?

22:51 0 Comments

Aku bukan pakar Ekonomi, bukan pakar Olahraga, bukan juga pakar di bidang kesenian. Aku hanya pakar dalam melihat, hanya melihat tanpa berkomentar. Haha
Siapa yang tidak bisa? Please jangan illfeel dolo ya. Ini tulisan hanya untuk mencoba mrefleksikan bagaiman kemerdekaan Indonesia selama 70 tahun ini?
Aku mencoba menulis sekenaku saja, akan Aku spesifikkan pembahasan di sini dengan beberapa yang jadi obyek perhatianku.

Bendera
Ini bukan komentar, ini hanya pertanyaan yang muncul dari kepalaku, kepala seorang penduduk Indonesia yang penuh dengan bayangan kebahagiaan hidup di Indonesia.
Oke,

 Pencapaian penting Indonesia selama 70 tahun di bidang apa ya?

Aku garis bawahi, Aku bukan pakar apapun, dan Aku di sini tidak ingin menyalahkan siapapun [titik]. Ini hanya tulisan yang benar-benar ingin Aku tulis saja. Tidak lebih dari itu, sukur-sukur Aku bisa membantu yang membaca memunculkan hayalan yang mengarah ke hal kebaikan negara tercinta ini.

1. Pendidikan


Aku ingin menulis pandanganku tentang pendidikan di Indonesia. Aku kurang faham dengan semua hal tentang kurikulum di Indonesia dan Aku juga tidak terlalu mengikuti perkembangan berita tentang perubahan kurikulum di setiap pergantian menteri pendidikan.
Yang Aku tahu bahwa, sekarang ini Aku tidak berada di tempat yang Aku inginkan di dunia pendidikan. Dimana Aku sangat tertarik di satu bidang, akan tetapi Aku mempelajari banyak sekali bidang pendidikan. Aku yakin, semua profesor di dunia ini hanya menguasai satu bidang yang benar-benar ahli di bidang itu.
Aku meragukan ada profesor yang ahli di 10 bidang sekaligus dengan tanpa ada kecacatan dari kesepuluh bidang yang Dia ahli.
Pertanyaanku, mengapa sih kog di Indonesia sistem pendidikannya tidak dibatasi untuk sat bidang yang benar-benar diminati siswa mulai dini?
Di Indonesia, kenapa tidak disediakan guru-guru yang bisa mengetahui bakatnya dari sejak dini, sehingga ketika siswa sekolah tidak hanya dituntut mengejar prestasi, tapi dituntut untuk bahagia ketika di sekolah, karena yang mereka pelajari adalah hal yang mereka suka.

 2. Ekonomi

Kalau berbicara ekonomi, pasti membicarakan mana yang kaya dan mana yang miskin. Ehm terlalu fulgar ya? Oke, pasti membicarakan bagaimana kesejahteraan rakyat suatu negara.
Yang Aku tahu ketika Aku sedang keliling menggunakan motorku, naik bus, atau hanya sekedar berjalan kaki. Akus hampir selalu melihat pengemis. Jujur, Aku sendiri bingung ketika ada pengemis meminta-minta, bingung apakah Aku harus memberi atau hanya melihat dengan menahan rasa iba. Kalau Aku memberinya, itu semakin memotivasinya untuk meminta-minta lagi.
Dari sini Aku berfikir, bagaimana sih sistem negara kita dalam menangani kesejahteraan penduduk Indonesia? Bagaimana sih negara kita memberikan lapangan pekerjaan yang sehingga tidak ada pengemis jalanan lagi?
Tidak hanya pengemis, pengangguran seperti Aku ini juga bingung, cari kerja sulit, kalau pikiranku negatif terus, Aku selalu menyalahkan, menyalahkan dan menyalahkan. Damn I hate my self more than you hate me!!!
Semua sudah Aku lakukan untuk mencari kerja, melamar dan lain-lain. Untuk pengangguran sekelas S-1 seperti Aku gini ini menanggung beban moral Guys! Ah, biarlah pertanyaanku mengambang, anganku melayang. Semoga perekonomian Indonesia semakin bagus.
Baru denger bahwa di ulang tahun Indonesia yang ke 70 ini hutang Indonesia meningkat lho, menjadi 20 Triliun kalau ga salah. Busyet dah, ditambah lagi hutang per kepala di Indonesia adalah Rp.8000.000 Brooooh!!!
Gueeee! Masih pengangguran, belum dapat pemasukan tiap bulan udah punya hutang Rp.8000.000 brooooh!!!

3. Ketahanan

Ketahanan

Aku bingung sendiri dapat gambar tanaman tumbuh di atas tanaman yang kering kerontang seperti itu. Cuman, Aku berfikir, mencoba menghubung-hubungkan saja. Kekuatan sang biji tanaman dengan akarnya dan daunnya untuk muncul dipermukaan merupakan suatu ketahanan yang hebat. Bagaimana tidak, dia bisa bertahan di lingkungan yang sebegitu terlihat keringnya.
Berkaca dari gambar yang terlihat tidak nyambung itu, Aku memandang Indonesia dari segi ketahanannya.
Aku ambil satu hal saja. Google, iya, Google. Ada apa dengan Google? Siapa yang tidak tahu dengan Google, hampir semuanya tahu, tapi sebaliknya, apa coba yang tidak diketahui google tentang Indonesia. Tanpa data Aku bilang, sepertinya semua hal tentang Indonesia sudah terekam dengan baik oleh Google. Mulai dari jalannya (google street view), garis pantai (google map), pegunungan, budaya, banyak lagi lainnya.
Bahkan, kebiasaan setiap orang bisa terekam oleh Google. Aku bukan programmer, Aku ga tahu bagaimana Google membuat algoritma yang mana membuat Google bisa menyarankan video mana yang akan kita tonton, webseite apa yang akan kita buka, dan produk apa yang kita suka. What the hell is that, Maaan???
Ah, Aku ga mau memprovokasi, cuman, dari sini saja, bagaiman ketahanan kita bisa terjamin, hah?

Dari ketiga hal di atas yang Aku tulis, mungkin ga berbobot sama sekali, tapi dari tulisan ini Aku berharap ada teman yang kebetulan membaca dan kemudian lebih memahami tentang semua yang Aku tulis, bisa memberikan pencerahan. Dijadikan bahan obrolan ketika cangkruan kan bisa tho? seolah -olah kita pakar pendidikan jalanan, pakar ekonom dan ketahanan nasional jalanan. Haha

Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

0 komentar: