Macam-macam seni dari kertas (art paper)

21:35 0 Comments

Seni yang dimunculkan dari kertas tidak hanya melipat saja, mewarnai sehingga lebih indah.



Seni dari kertas atau art paper juga ada yang menggunakan alat, misal gunting, cutter, dan penggaris dan lainnya.

Berikut ini Aku mau ulas beberapa seni yang dibuat dari kertas yang bisa Kamu kerjakan untuk mengisi luang. Dari pada hanya mengisi dengan menonton film, capek ntar. Hehehe

Macam-macam seni dari kertas (art paper) untuk mengisi waktu luang

1. Kirigami


Tidak jauh beda dengan origami, sama-sama dengan bahan dasar dari kertas. Perbedaan utama dari Kirigami dan Origami adalah, kalau di Origami hanya seni lipat kertas, kalau di Kirigami seni lipat dan memotong kertas.
Florence Temko, merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Kirigami. Kata tersebut ditemukan di dala judul bukunya, "Kirigami, the Creative Art of Papercutting, tahun 1962". Buku itu sukses dengan banyak penjualan karena banyak seni yang indah tercipta di dalamnya hanya dengan  menggunakan kertas. 
Di Jepang,  arti dari "kiru" adalah memotong sedangkan "gami" adalah kertas. Tepat sekali arti secara istilah dan harfiah sama-sama mewakili.

2. Origami


Seharusnya Origami di atas ya? Hahaha karena Aku lebih suka sama Kirigami, jadi Kirigami Aku letakkan di atas sendiri. Alasannya, di Kirigami lebih bisa kreatif, lebih terlihat 3-D nya. 
Layaknya Kirigami, secara harfiah "Ori" artinya lipat sedangkan "gami" adalah kertas. Jadinya Origami adalah seni lipat kertas. Kalau Origami sendiri merupakan seni yang sudah sangat lama exist dan menjadi tren di Jepang. Sudah ada sekitar tahun 600 an. So, that's why I say Origami should be on the first. Tapi Aku ga peduli. Haha
Coba lihat, meskipun Aku lebih suka Kirigami, Origami di Gambar atas itu membuat mataku belo. Hahaha

3. Iris Folding/Seni Lipat Iris


Bingung mencari istilah yang tepat di dalam bahasa Indonesia. Intinya, untuk seni kertas yang satu ini adalah seni lipat yang membuat seni tersebut seperti sayatan-sayatan dengan bentuk yang indah dengan di tenganya ada layaknya centre-nya, seperti iris mata.
Nah, ini seni yang berasal dari Belanda. Awalnya orang-orang membuat pola mereka dengan menggunakan kertas yang dipotong dari dalam amplop. Sekarang, perajin mulai menggunakan kertas ringan, layaknya kertas memo, kertas origami, kertas pembungkus, dan banyak lagi macam kertas yang di gunakan.
Kalau Aku mau komentar, biasa aja nih seni. Tapi Aku belum tentu bisa. Hahaha

4. Quilling / Seni lilit kertas


Nah, ini keren, sumpah keren Beeeuuut. Quilling merupakan seni lilit yang menggunakan bahan kertas yang sangat minimal. Maksudnya minimal bagaimana? Ini bisa menggunakan kertas yang terpotong-potong yang berukuran sangat minimal, dapat kita gunakan untuk menggunakan seni ini. 
Seni ini bisa kita gunakan sebagai hiasan cover buku kita, buku undangan, buku kenangan, dan banyak lagi. Tapi, tahukah Kamu? Sulit sekali kayaknya ya. Hahaha
Tetapi, lagi-lagi ini Aku menjadi mata belo. Lihat karya di atas. Huhuhu Bisa gak Aku ya buatnya.
5.
Seni ini, memutar-mutar kertas, atau seperti melilit-lilitkan kertas dimulai ketika abad Renaissance dimana seorang biarawati membawa kitab dengan hiasan lilitan-lilitan/kertas memutar-mutar indah nan cantik. Sekitar abad 1700 an lah seni ini muncul.

Buat nih materi ngobrol cangkruan kalian. Biar generasi cangkruan, asal kreatif kan keren. Hehe

Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

0 komentar: