Buah-Buahan Ini Baik Untuk Mencegah Kanker Payudara! Yuk Berbagi Kesehatan!

01:59 0 Comments

Mengonsumsi Makanan Sayuran dan Buah Penghindar Kanker Payudara - Penyakit kanker diantara kanker lainnya yang termasuk paling mematikan. Tercatat sebagai penyakit urutan nomor 5 di dunia yang bisa mengakibatkan kematian. Tujuh wanita dari 15 negara di Asia justru menempati peringkat pertama penyakit yang diidap.

Sumber : Global News
Kanker payudara bisa menyerang laki- laki atau perempuan, tetapi hanya sedikit yang menyerang laki- laki antara 1 banding 1.000. Sangat kecil kemungkinannya. Dan, di Indonesia sendiri dinyatakan 27 insidensi 27 per 100.000 wanita terkena kanker payudara.

Sel kanker payudara terbentuk dari gen yang bermutasi atau tumbuh tidak normal. Di sinilah terjadi perubahan proses dimana sel yang harusnya mati, tetapi sel tersebut masih tumbuh dan kemudian membesar berkembang biak dalam tubuh. Sedangkan, payudara dibangun oleh jutaan bahkan milyaran sel dan sel-sel yang tidak terkontrol tersebut menjadi sebab adanya kanker payudara.

Kanker payudara bermula dari saluran ASI atau lobulus yang menyebar ke dalam jaringan lemak. Sebuah penelitian menegaskan bahwasannya sistem endoktrin dalam payudara yang fungsinya mengontrol perkembangan payudara dan yang memberikan pengaruh besar terhadap indikasi kanker payudara.

Selain dari dalam tubuh, kanker juga dipicu oleh faktor dari luar yang merangsangnya melalui obesitas atau kelebihan berat badan, pemakaian hormon, reproduksi, penyakit fibrokistik (proses terbentuknya jaringan ikat yang berlebihan yang pada umumnya terjadi akibat peradangan yang ditandai dengan benjolan payudara, tapi bukan kanker yang hanya sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan sering bersifat periodik atau pada waktu- waktu tertentu saja), keturunan keluarga, konsumsi lemak, radiasi barang elektronik, dan usia (rata- rata ≤ 30 tahun).

Dari faktor- faktor tersebut salah satunya bisa dirangsang oleh kehadiran lemak yang pula sering diperoleh dari makanan yang telah kita konsumsi, kamu terutama para wanita disarankan menjaga makanan- makanan yang masuk. Nah, kamu bisa mengonsumsi makanan di bawah ini guna mencegah datangnya kanker payudara:

1. Apel

Sumber : Daily News
Sering mengupas kulit saat memakan apel? Sebaiknya jangan dilakukan lagi. Justru kulit pun mempunyai vitamin yang tinggi. Di sana terdapat serat dan anti oksidan yang tidak akan kamu dapatkan bila mengupasnya. Kulit apel dipercaya bisa mencegah penyebaran sel-sel kanker pun berdasarkan penelitian.

2. Delima merah

Sumber : Strongertogether
Manfaat delima merah ialah menghilangkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan, serta perkembangan sel- sel kanker dan penyakit lainnya yang ada di tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu merangsang sel-sel darah putih guna menetralkan racun di dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh dapat meningkat, kuat dan sehat. Delima merah yang dikonsumsi rutin sebagai asupan nutrisi sehari- hari dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat yang biasanya ada pada laki- laki. Selain itu, juga bisa memblokir aromatase (enzim pengubah androgen menjadi estrogen yang artinya hormon yang memberikan peran penting bagi perkembangan kanker payudara).

3. Brokoli dan bunga kol

Sumber : bbcgoodfood
Populer sebagai sayuran pencegah kanker payudara dengan alasan kadar vitamin C sebagai anti oksidan di dalamnya termasuk tinggi ketimbang jeruk. Jarang orang yang mengetahuinya. Brokoli bermanfaat mendukung penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Yang terpokok di sini brokoli bisa mencegah terjadinya kanker payudara yang persentasenya sebesar 20- 40 %. Juga mencegah kanker pada kandung kemih.

4. Wortel

Sumber : Giphy
Wortel, buah blewah, dan ubi manis yang warnanya kuning atau oranye adalah makanan sumber vitamin A yang dikenal sebagai karotenoid (pigmen yang bisa mencegah pertumbuhan dan perkembangan kanker payudara yang banyak terdapat dalam lemak hewani dan nabati).

5. Sereal kombinasi

Sumber : 9coach
Dibuat dari campuran campuran makanan dan buah-buahan. Mengonsumsi sereal bertujuan memperoleh folat yang merupakan vitamin B. Vitamin B dapatmembantu melindungi tubuh terhadap bahaya kanker payudara dan rektum usus besar. Sereal itu bisa dari sereal gandum yang kaya akan serat dan folat yang ditambahkan buah- buahan seperti jeruk, melon, dan stroberi. Atau jadikan buah- buahan sebagai jus.

Pencegahan terhadap kanker tidak hanya berhenti pada seringnya memakan makanan yang dapat mencegahnya. Kamu dan kita semua harus menjaga tubuh dari pemicu- pemicu dari luar seperti menjaga jarak dengan benda yang beradiasi tinggi. Mari sehat bersama untuk generasi selanjutnya.





Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

0 komentar: