Cerita travellingku : Sejarah Benteng Pendem Cilacap Angker (Kustbatterij op de Landtong te Cilacap)

09:31 0 Comments

Woe..!!! Sobat cangkruan. Hahaha Ini Aku mau berbagi cerita euy. Perjalanan pertamaku ke Cilacap yaitu ke Benteng Pendem. Aku akan tulis sejarahnya. Tapi sebelum itu Aku mau tulis lokasi, situasi, dan tiket masuk ke Benteng Pendem ini.

Benteng Pendem

Dimana sih lokasi Benteng Pendem?

Benteng Pendem Cilacap ini tampak dari luar seperti tak dirawat euy. Aku sih berfikir kalau memang begini ini cara kita merawat destinasi wisata yang prospeknya bagus untuk dijaga dan dilestarikan.

Tapi setelah Aku cari-cari nih, ternyata Benteng Pendem yang berlokasi di wilayah Dusun Kebonjati, Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap ini memang disengaja dibuat tampak menyeramkan, maybe. :haha: 

Secara geo-grafisnya Benteng Pendem terletak di 108 49’08” BT dan 7*40’31”. 

Katanya situasi nya seram ya?

Ah, kalau kamu tanya Aku, So pasti Aku jawabnya, kagak ada apa-apanya. Kagak serem sama sekali. Orang Ake lokasi siang hari. Kalau kamu tanya malam hari situasinya giman, sorry bro, Aku kagak pernah ke sana malam hari. :haha:

Iya bro, situasi siang hari aja menyeramkan. Bagaimana kagak menyeramkan, kurang terawat bro, tapi menurutku sih. Karena kurang terawatnya Benteng Pendem ini, jadi membawa aura yang gimana gitu. Banyakan seremnya bro dari pada kagaknya. :hiiii:

Pertama Aku masuk dari pintu gerbang, Aku sih biasa aja, tapi yang jadi rasa ndak nyamanku adalah, kurang terawat aja sih. Semakin masuk, Aku melihat kayak pintu gerbang ucapan selamat datang di Benteng Pendem gitu. Cuman bro, yang bikin Aku kagak nyaman bro, penampilannya itu lho bro. Udah kusam bro, nambah sensasi kalau Aku ini mau masuk rumah hantu bro. 

Biarin dah, Aku abaikan, Aku lewatin aja, pas gitu, eh ada dua cewek lewat. :dasarmatacowok:
Pas masuk, di dalam kayak ada bendungan gitu bro, tau deh, itu bendungan atau sungai yang dari laut yak? Aku kayak bingung gitu, cuman satu-satunya pemandangan yang menyegarkan ya cuman itu bro. Dan, Aku juga lihat bro ada patung-patung dinosaurus bro. Aku mikirnya, kenapa sih ini Benteng kog pakek tema jaman purbakala segala? Kenapa coba kagak dibangun tentara belanda yang sedang jaga gitu, atau apalah yang nyambung sama nih Benteng. 

Kagak peduli deh, lewat aja. Semakin masuk, Aku ketemu sama Barak bro. Aduh, Aku lupa kagak ngitung tuh barak ada berapa ruangan ya. Lupa Aku bro. :miris:

Situasinya bro, tuh Barak kan tempat berkumpulnya perajurit Belanda masa itu, ruangannya sekitar lebar 4 x 10 m bro. Lumayan lebar untuk satu ruangannya bro. Barak itu dibangun dari batu bata dan lantai di plester bro. Aku masuk, eh ketemu kodok bro. Banyak. :haha:
Dingin, lembab, dan gelap. Itu pas Aku masuk ke Baraknya bro. Pantesan kan bro tuh kodok betah. Kalau menurutku, kayaknya itu cukup bro untuk banyak prajurit di barak itu. Cuman tidur sambil duduk aja bro.
Ini nih bro peta Benteng Pendem bro.


Peta Benteng Pendem

Selanjutnya Aku menuju ke Terowongan Benteng Pendem bro. Pas Aku mau masuk, eh ada orang tiba-tiba dan sekonyong-konyong kasih Aku senter bro. Aku pikir, ih nih orang baik amat yah. Jadi pingin cium deh. kagak jadi, karena dia Cowok bro. :huek:

Lebih terkejut dan tercengang lagi Aku bro, nih orang langsung cuap-cuap menceritakan tuh terowongan. Kagak kenalan dulu, minimal kasih tau deh namanya siapa, biar ntar jadi temanku. Bisa cangkruan bareng di Surabaya. Kan asik tuh. 

Oke deh, Aku dengerin apa yang dia bilang bro. Dari pintu masuk, Aku belok kiri bro untuk masuk ke terowongannya bro. Nah, masuk tuh terowongan, emang auranya kagak enak semuanya bro. Lembab, dingin, gelap, mencengkram, dan menakutkan. :lebay:

Orang asing ini, eh sebenernya Aku yang orang asing, oke, kembali ke topik. Si orang tanpa nama ini cerita bro. Di sebelah kiri kita kan ada ruangan bro, di ruangan itu ada gantungan kayak ujung hanger pakaian bro. Tapi kebalik bro. Dia bilang kalau ruangan itu tempat untuk menggantung Bom bro. Katanya sih, tuh Bom digantung biar kagak kelihatan pasukan Indonesia Bro. Aku sebagai pendatang yang sopan santun percaya aja bro. 

Nah, ruangan yang digunakan untuk menggantung Bom itu ada tiga ruangan bro. Kemudian, sampingnya lagi itu ruang yang pernah dipakai untuk uji nyali bro.

Kata si Doi, ruangan yang digunakan uji nyali itu ruangan tempat eksekusi bro. Mayatnya dibuang di Pantai Pasir Putih Karang Bolong Gitu bro. Lagi-lagi Aku percaya bro. Karena Aku pengunjung yang sopan santun dan tahu aturan bro.

Mau tahu apa yang Aku pikirkan saat Si Doi bilang gitu bro? Ada dua hal bro. Pertama, kog arwah yang dieksekusinya kagak bosan yah di situ terus? kedua, Aku sedikit merinding bro pas Si Doi bilang tuh tempat eksekusi.

Okey, next. Ciyeeee! Si Doi pakai English bro. Sedikit shock sih Aku bro. Ini tadi presentasikah?
Okey, Aku ikutin aja si Doi. Eh, kog Aku panggil si Doi sih. Nyaman juga sih. :huahaha:

Si Doi bilang, ruangan selanjutnya ini tempat kontrol. Kayaknya sih ruang kontrol untuk komputer atau apalah kecanggihan teknologi jaman dahulu. Aku kagak tahu juga sih bro. 
Nah, ini lebih mencengangkan lagi bro. Sambil menunjuk satu ruangan yang berlumpur Doi bilang bro, ini ruang istimewa yang penuh misteri. Penuh misteri gimana sih? Doi bilang ini ruangan tempat para jenderal untuk makan bro. Selain itu, si Doi bilang, nih ruangan digunakan untuk menghilangkan jejak dari pasukan Indonesia bro.

Begini si Doi bilang bro, jadi waktu tentara kita, tentara Indonesia berhasil menemukan persembunyian tentara Belanda ini. Ruangan ini digunakan untuk jalan pelarian bro. Katanya si Doi, ruangan ini terhubung dengan Pulau Nusakambangan Timur bro. Jadi pas mereka sudah masuk ke pipa yang menghubungkannya, ruangan ini di ledakkan bro.

Karena ledakan itu, otomatis air laut masuk bro bersama lumpur. Si Doi menambahkan bro, lumpur yang ada di ruangan itu adalah lumpur hisap bro. Kejamnya lagi bro, Si Doi bilang, kalau masnya mau bunuh diri silahkan di coba masuk lumpur ini mas. :sialan;

Okey, sudah deh perjalanan menyisiri terowongan benteng pendem. Aku udah selesai masuk dan mendengarkan cerita si Doi. Sebelum Si Doi pamit, eh, Si Doi minta something bro, sebesar Rp 50.000. Okey fix, Si Doi mencari kesempatan di dalam ketidaktahuanku bro. :nangis:

Udahlah, biarlah. Hehe

Sejarah sebenarnya gimana sih?

Berdasarkan beberapa sumber nih bro ya. Benteng Pendem yang berdekatan dengan kilang minyak Pertamina dan berada di sekitar pantai wisata teluk penyu ini pembangunannya dilaksanakan oleh Sunan Paku Buwono IV, menurut babad Banyumas, dengan tujuan untuk menghadapi bajak laut yang sering menyerang pantai, bro. Kemungkinan juga benteng ini sudah ada sebelum Belanda masuk Indonesia. 

Sumber autentik untuk nama benteng pendem ini tidak ditemukan bro. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah menuliskan di situnya, nama Benteng Pendem ini diberikan oleh masyarakat setempat, brother. Sesuai namanya, karena Benteng Ini di bangun di bawah permukaan tanah. Yah, lebih tepatnya lebih rendah dari permukaan tanah yang ada di sekitarnya, gitu. 

Benteng ini diperkirakan sudah berfungsi sejak tahun 1879 dan Benteng pendem ini merupakan pusat pertahanan dari benteng-bentang pertahanan lainnya, Benteng Karang Bolong dan Benteng di Pulau Nusakambangan. Berbagai sumber menyebutkan bahwa penggunaan benteng oleh Belanda sampai tahun 1942 yaitu pada saat penyerahan kekuasaan Belanda kepada Jepang. 

Sampai pada tahun 1952-1962 dimanfaatkan oleh pasukan RPKAD (Resimen Para Komando Angkatan Darat) sebagai tempat pelatihan pertempuran dan pendaratan laut. 

Nah, baru pada tahun 1986 Pemerintah Daerah TK II Cilacap mengembangkan sebagai obyek wisata budaya.

Tambahan nih ya, pendirian benteng ini oleh Belanda hampir bersamaan dengan munculnya Tanam Paksa yang dicanangkan oleh Gubernur Jenderal Johannes Van Den Bosch. Dimana Cilacap pada masa itu merupakan pelabuhan penting untuk mengangkut hasil perkebunan tanam paksa dari Yogyakarta dan Purworejo.

Pada masa jayanya pelabuhan Cilacap pernah menjadi saingan pelabuhan Semarang. Sudah pasti karena Jawa Tengah Selatan dan Jawa Barat selalu mengirimkan hasil bumi melalui Cilacap. Karena posisinya yang strategis. Berada di tempat yang strategis memberikan banyak keuntungan bagi Belanda untuk mengekspor hasil kebun dari tanah Jawa.

Trus kenapa kog sekarang pelabuhannya tidak digunakan lagi? karena sekarang kan banyak banget tuh kereta, bus, pesawat, dan alat akomodasi lainnya yang lebih cepat.

Berapa sih tiket masuknya? apa aja fasilitsa di dalamnya?

Ciye, tanya tiket masuk. Mau uji nyali ya? 
Murah banget kog. Cuman Rp.5000. Udah deh silahkan masuk dan nikmati lingkungan di dalamnya.

Kamu ga hanya bisa lihat Bentengnya aja bro. Di dalam juga ada orang jualan kog bro. Ada perahu angsa juga. Aku sih ga nyewa bro. Orang Aku kesana ga sama cewekku bro. Soalnya masih Jones. :(

Di dalam juga ada toilet, kalau kamu kebelet pi**s bro. :haha:
So, nikmati perjalanannya ya bro. Berbagi cerita ya. :( Thank you for watching! Aha! Bye bye!

Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

0 komentar: