Apa yang terjadi jika tidak ada bulan ? Apa sih kegunaan bulan bagi Bumi ?

04:47 0 Comments

Aku sedang browsing, mencari ide gila. Eh kepikiran, apa yang terjadi kalau Bumi tanpa Bulan ? yang terbayang pertama kali, pasti tidak ada film kartun Sailor Moon, Nini Karlina dan Doel Sumbang pasti ga se-Booming sekarang karena lagunya bulan bisa ngomong, tidak ada yang namanya Moon Walk yang membawa Michael Jackson terkenal seantero jagad raya ini. Tidak ada yang namanya manusia serigala, dan banyak lagi yang berhubungan dengan Bulan menjadi tidak ada ceritanya.

Selain itu, Neil Amstrong tidak akan tenar, mungkin. Audry Hepburn tidak akan memainkan gitarnya dengan bernyanyi "Moon River" difilm Breakfast at Tiffany. 

 Puisi tak akan menuliskan kata Bulan, mungkin menjadi Matahari. Tak ada istilah "wajahmu cerah secerah bulan purnama". Ah banyak lagi deh.

Pengaruh Bulan dengan Kehidupan di Bumi

Dari bayangan nakalku saja sudah banyak sekali perubahan katika Bulan tidak ada. Nah, kalau berhubungan dengan kehidupan manusia di Bumi? Apa pengaruhnya? Secara geografis bagaimana pengaruhnya ?

Melindungi Bumi dari hantaman benda langit secara langsung

Bulan memiliki grafitasi yang mana grafitasi ini menguntungkan bagi Bumi. Mengapa, karena dengan adanya grafitasi Bulan, Bumi terlindungi dari hantaman benda langit secara langsung menuju Bumi.

Memperlambat kecepatan rotasi Bumi


Bulan sebagai satelit memiliki fungsi tersebut, selain itu Bulan juga sebagai pengontrol kecepatan rotaasi Bumi, dimana karena adanya efek yang disebut gravitational tidal wave. Berdasarkan histori terbentuknya Bulan, rotasi Bumi bergerak sangat cepat dimana diperkirakan sampai terjadi 6 jam dalam sehari. Artinya apa, ya ketika tidak ada si Bulan, hari-hari kita akan semakin cepat maaan!!!


Malam akan semakin gelap gulita

Tidak perlu dijelaskan lagi, jika tidak ada bulan, setiap malam manusia akan melihat kegelapan dimana-mana. Kecuali kalau pemerintah setempat memberikan lampu disetiap jalan. Hehe
Tapi, bagi hewan ? Hewan yang terbiasa aktif pada malam hari mungkin juga akan menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Atau, hewan yang tidak terbiasa dengan gelap, juga akan membiasakan diri juga. Yah, kita manusia juga pasti akan membiasakan diri juga. Namun akan repot kan? Ancaman hewan buas kepada manusia mungkin juga semakin tinggi. Karena kegelapan selalu menyelimuti bumi. Huhu

Gelombang laut akan menjadi lebih ekstream

Mungkina kan sering terjadi stunami ya ? Ihhhh sereeeem... Kog bisa ? Iya, karena gravitasi dari bulan memberikan dampak keseimbangan bumi seperti sekarang. Jika bulan tidak ada, artinya, satu faktor penyeimbang kondisi bumi hilang. Akhirnya akan terjadi banyak bencana. Mulai dari badai sampai angin kencang yang menyeramkan.

Musim di seluruh belahan dunia akan kacau  balau

Kenapa ? Kenapa ? Kog bisa ? ya bisalah. Dengan adanya bulan, kemiringan bumi menjadi stabil. namun ketika tidak ada bulan, kemiringan bumi tidak stabil, terombang ambing seolah Aku yang sedang di PHP sama orang yang Aku cinta. *Ups* Jadi baper deh. Haha


Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

0 komentar: