Kamu Pingin Tambah Pintar ? Ini 5 Hobi yang Bisa Membuat Otak Kamu Semakin Pintar!

08:10 0 Comments

Penelitian terhadap otak manusia selalu menjadi perhatian untuk para ilmuwan, hal yang paling terpenting yang didapatkan para peneliti adalah fakta bahwa otak manusia mampu menghasilkan 70.000 bahkan lebih gagasan, ide, dan pemikiran dalam sehari. Namun sayangnya, manusia hanya mampu menggunakan tidak kurang dari 100 ide dan gagasan. Hal itu disebabkan beberapa faktor, kurangmampunya konsentrasi, rutinitas yang membuat otak manusia jenuh, serta faktor usia menjadi penghambat manusia dalam memaksimalkan kemampuan otaknya tersebut.

Belajar
Namun ada riset pakar neuroscience menunjukkan bahwa beberapa hobi dapat menghambat menurunnya kemampuan otak dan hobi-hobi tersebut dapat secara signifikan mengimprovisasi kemampuan otak untuk menyerap dan mengolah data dengan lebih efisien. Dengan kata lain hobi-hobi berikut ini bisa membuat otak Kamu lebih cerdas dan cemerlang dalam berfikir. Berikut 5 hobi yang dapat membuat otak Kamu lebih cerdas.

   1. Bermain alat musik

Nada-nada yang diatur indah dalam musik memiliki efek yang besar bagi kita. Harmoni suara ini bisa menjadi media penyembuhan, mengusir kecemasan, menenangkan, hingga mendongkrak semangat. Seperti halnya musik dengan ritme yang menghentak bisa menjadi penyemangat Kamu di pagi hari, musim tersebut, menurut Daniel Levitin, provesor psikologi, memicu proses di otak yang disebut penyebaran aktivitas. Penelitihan di Jepang juga menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik setelah bangun tidur tidak gampang mengantuk.

Piano
 Confusius berkata, “ Musik menghasilkan jenis kenikmatan yang membuat manusia tidak bisa hidup tanpanya”. Musik memiliki kekuatan untuk menunjukkan bahwa mendengarkan musik dan memainkan alat musik meningkatkan kapasitas memori. Memainkan alat musik juga mengajarkan Kamu kesabaran dan ketekunan, untuk itu membutuhkan waktu dan usaha untuk belajar memainkan alat musik. Hal ini juga akan mempertajam konsentrasi Kamu.

    2. Menuliskan Perasaan Kamu

Ada banyak manfaat yang dapat Kamu rasakan dari menulis, termasuk meningkatkan kecerdasan Kamu. Menulis meningkatkan kemampuan linguistik Kamu, dan juga membantu Kamu untuk mengembangkan keterampilan, fokus, kreativitas, imajinasi, dan pemahaman.

Menulis
Penulis sering di anggap sebagai orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Kamu dapat menulis dengan cara yang berbeda. Saat menulis, Kamu belajar untuk mengekspresikan diri dengan jelas sambil meningkatkan kecerdasanmu. Beberapa penelitian pun telah dilakukan untuk membuktikan hal tersebut.

Dalam bukunya, “why we write”, kurator Meredith Maran menyatakan bahwa menulis akan menyediakan tempat sendiri untuk orang bercermin, mencerna, dan berfikir secara mendalam. selain itu, Joan Didion, penulis “Play it as it Lays” berkata, “saya menulis sepenuhnya untuk mencari tahu apa yang saya pikirkan, apa yang saya lihat, dan juga apa arti dari semua.” ,  Armistead Maupin sendiri, penulis “Tales of The City”, menjelaskan “saya menulis menjelaskan ke diri sendiri, siapa sebenarnya saya.”

Intinya, menulis adalah cara mengatur pikiran Kamu. Menulis akan memungkinkan Kamu untuk merenungkan dan membantu mendapatkan wawasan baru dan juga menemukan perspektif yang baru.

     3. Perjalanan Ke Tempat-Tempat Baru

Perjalanan tidak hanya dijadikan cara untuk membunuh kebosanan, ada banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan darinya. Salah satunya adalah bahwa perjalanan benar-benar dapat meningkat kecerdasan Kamu.

Traveling
Perjalanan ke tempat asing atau baru dapat melatih fisik dan mental, serta menghilangkan stres. Ketika pikiran menjadi segar kembali setelah perjalanan, Kamu lebih bisa fokus pada tugas-tugas, pengamatan, dan memperdalam pemahaman Kamu tentang suatu subjek.
Di setiap tempat yang baru Kamu singgahi pasti mempunyai hal-hal yang baru untuk Kamu pelajari. Kamu akan bertemu dengan beragam orang, makanan, budaya, gaya hidup dan masyarakat saat bepergian, yang menempatkan Kamu berhubungan dengan ide-ide Kamu mungkin tidak pernah Kamu pikirkan sebelumnya.

  4. Memasak Berbagai Jenis Makanan 

Kebanyakan orang merasa bahwa hoby memasak adalah hal yang membosankan dan membuang-buang waktu, padahal seorang koki atau orang-orang yang hobi masak atau pun orang yang mencoba makanan, memiliki tingkat kreativitas dan kecerdasan yang tinggi.

Memasak
Tanpa di sadari, setiap Kamu memasak seseatu, Kamu belajar untuk multitasking, mengukur segala sesuatu dengan tepat/presisi, sekaligus membuat keputusan dengan cepat. Dengan semua keterampilan yang Kamu peroleh dari hobi memasak ini, secara otomatis otak Kamu akan menjadi lebih cerdas.

  5. Mempelajari Bahasa Baru

Hobi mengenal dan mempelajari bahasa baru dapat membuat otak Kamu lebih cerdas. Karena dampak dari belajar bahasa baru telah menyebar di berbagai wilayah otak. Korelasi antara kosakata, kecerdasan dan kemampuan dunia nyata telah di temukan dari usia dini sampai ke dewasa. Terutama membetang kerja memori otak, serta kemampuan untuk berkomunikasi lebih efisien dengan lingkungan di sekitar Kamu, juga membuka secara halus perspektif dan secara halus perspektif dan cara komunikasi Kamu.

Belajar Bahasa Asing
Memori otak Kamu hanya bisa menampung sekian banyak informasi sehingga mempelajari bahasa baru ini benar-benar membantu otak Kamu untuk menciptakan lebih banyak cara untuk mempertahankan informasi. Setiap kata baru yang Kamu pelajari akan ditempatkan dalam jangka panjang ke dalam memori otak Kamu. Dengan ini memungkinkan Kamu untuk mengasosiasikan informasi lebih banyak lagi dari kosa kata, otak Kamu tidak perlu lagi meraih informasi untuk mengekspresikan diri lebih baik lagi. Dengan kata lain Kamu dapat mengungkapkan lebih mudah.
Konsep meningkatkan kosa kata dapat diterapkan untuk seluruh bidang pengetahuan dan pengalaman. Jadi pada dasarnya, kosa kata adalah strategi yang kuat meningkatkan kemampuan kognitif Kamu dan meningkatkan kecerdasan Kamu pada umumnya.

Sumber : Link 


 

Mahin

Manusia yang terus usil dan ingin terus berkarya. :) Jadi dukung keusilan saya dengan like G+ dan Facebook ya. Apalagi dengan share sekalian. Anda pasti makhluk terindah yang pernah saya temui melalui tulisan di blog ini.

0 komentar: